Unduh Aplikasi

Dua Pimpinan Facebook Mundur

Dua Pimpinan Facebook Mundur
Ilustrasi. Foto: CNN Indonesia

JAKARTA - Dua pimpinan Facebook mengundurkan diri. Keduanya adalah Eksekutif Facebook Chris Cox dan Chris Daniel yang menjadi pimpinan WhatsApp. Alasan kepergian Chris tidak dijelaskan secara gamblang, Mark hanya menyebut kalau Cox memiliki niat untuk melakukan suatu hal lain.

"Chris adalah salah satu orang tercermat dan paling berprinsip yang pernah kami temui, caranya dalam membantu kami menyelesaikan berbagai masalah mengagumkan," tulis Mark dalam pengumuman di blog Facebook.

Dilansir dari ABC News, analisawan Jessica Liu, mengatakan bahwa salah satu kemungkinan Cox meninggalkan Facebook adalah ketidaksetujuannya terhadap memo Mark yang ingin meningkatkan privasi situs.

"Facebook adalah perusahaan masif yang masih berkembang, jadi sangat biasa jika di perusahaan sebesar itu, tidak semua orang sepakat dengan perubahan strategi," katanya.

Cox adalah eksekutif Facebook yang telah bekerja lebih dari satu dekade. Ia telah membantu merancang Newsfeed Facebook, menyusun tim HR pertama perusahaan, membantu menentukan misi serta nilai dari nama Facebook.

Ia juga menjadi pemimpin untuk tim produksi dan desain, mengurus aplikasi Facebook, menjaga strategi perusahaan, serta melatih orang-orang yang bekerja di berbagai sektor Facebook.

Selain Cox, Chris Daniel, yang kurang dari setahun lalu memimpin Whatsapp, juga memutuskan hengkang dari posisinya. Daniel sebelumnya telah memimpin proyek Internet.org, sebuah proyek cetusan Facebook yang mendatangkan koneksi Internet di negara-negara berkembang. Ia meninggalkan Facebook setelah 9 tahun bekerja disana.

Untuk pengganti Daniel, Mark menunjuk Will Catchcart, yang akan mengisi posisi kepala Whatsapp. Mark memuji kinerja Will saat mengerjakan urusan aplikasi Facebook, dan mengusulkan fokus terhadap interaksi sosial yang bermakna, serta meningkatkan performa aplikasi.

Tugasnya di Whatsapp nanti, adalah mengembangkan keamanan dan intregitas maupun enkripsi pesan lintas layanan Facebook. Tugas ini berkaitan dengan rencana Facebook untuk mengintegrasikan seluruh layanan pesan singkat, dari Facebook, Instagram, dan Whatsapp dalam satu platform.

Sementara, Fidji Simo akan mengisi posisi pimpinan pada aplikasi Facebook. Seperti Will, Mark juga memuji performa Fidji, menyebutnya sebagai pemimpin yang bertalenta dan memiliki passion.

Fidji telah berperan penting dalam membangun berbagai aspek penting, seperti memimpin pengerjaan video, serta iklan. Fidji telah mengisi posisi ini untuk sementara, selama ia menggantikan Will yang mengambil cuti.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...