Unduh Aplikasi

Dua Pemerhati Pendidikan Anak Putus Sekolah Dapat Penghargaan dari Disdik Pidie

Dua Pemerhati Pendidikan Anak Putus Sekolah Dapat Penghargaan dari Disdik Pidie
Foto: Ist

PIDIE - Dua tokoh pemerhati pendidikan anak putus sekolah mendapat penghargaan insan pendidikan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie. Mereka telah berkontrubusi dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Pidie.

Kedua tokoh pemerhati pendidikan anak putus sekolah asal Kabupaten Pidie yaitu Ismail Von Sabi penggagas relawan Pidie mengajar dan Lukman penggagas Lhok Kaju English Center (LEC).

Tokoh Penggagas Lhok Kaju English Center (LEC) Kecamatan Indrajaya, Pidie Lukman kepada AJNN, Kamis (5/9) mengatakan, lembaga LEC telah digagas sejak Januari 2010 dengan tujuan untuk mendidik anak-anak yatim dan fakir miskin di Kabupaten Pidie tanpa memungut sepeserpun biaya.

Selain mengajari bahasa Inggris secara sederhana, LEC juga mengajarkan pendidikan ilmu agama.

"Untuk biaya kebutuhan seperti ATK, papan tulis, air meniral, spanduk dan lain-lainya diperoleh dari sumbangan hamba Allah," ujarnya.

Demi berjalan lembaga LEC, Lukman pernah melelang perhiasan 1 mayam emas murni pemberian dari Pemerintah Kabupaten Pidie sebagai hadiah cendra mata pada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 58 tahun 2017.

"Saat itu lembaga LEC kesulitan membiayai kebutuhan operasional seperti peralatan belajar dan honorarium tenaga pengajar," ujarnya.

Namun secara pelan-pelan, lembaga yang memberikan pendidikan secara gratis bagi anak-anak yatim dan fakir miskin di Pidie sudah mulai berkembang. Kini telah mampu membuka cabang LEC di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pidie, Indrajaya dan Peukan Baro.

"Alhamdullah, semenjak LEC didirikan sudah mendidik 978 anak yatim dan fakir miskin tingkat SD, SMP dan SMA di Kabulaten Pidie," ucap Lukman.

Adapun penghargaan yang pernah di raih penggagas LEC Pidie, Lukman yaitu, pengahargaan emas murni tahun 2017 dari Pemerintah Pidie, kategori pendidikan Bahasa Inggris gratis.

Selanjutnya penghargaan dari KNPI AWARD 2017, katagori Pemuda Inspirasi Pendiri Pendidikan Gratis. Pendamping Sosial Awards 2018 dari Dinas Sosial Propinsi Aceh dan penghargaan insan pendidikan award dari Pemerintah Pidie 2019 melalui pendidikan gratis di Pidie.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...