Unduh Aplikasi

Dua Jenis Kerupuk Tempe di Aceh Jaya Ditemukan Mengandung Boraks

Dua Jenis Kerupuk Tempe di Aceh Jaya Ditemukan Mengandung Boraks
Tim BBPOM Aceh Sedang Uji Tes Sampling Kerupuk Tempe yang mengandung Boraks yang ikut disaksikan oleh Bupati Aceh Jaya. Foto: AJNN.Net/Suar

ACEH JAYA - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Aceh melakukan uji sampel takjil dan beberapa jenis makanan yang diperjual belikan oleh para pedagang Kota Calang, Aceh Jaya, Kamis (16/5) sore.

Alhasil, dua jenis kerupuk tempe yang diperjual belikan oleh para pedagang ditemukan mengandung bahan berbahaya jenis boraks di seputaran Kota Calang, Aceh Jaya.

“Ada dua jenis kerupuk tempe yang positif mengandung boraks dari 31 sampel yang sudah kami sampling," kata Kepala Bidang Pemeriksaan BBPOM Aceh, Nurlinda Lubis.

Menurut Nurlinda, jika pihaknya melakukan uji sampel tersebut dengan menggunakan rapid test kit yang langsung bisa terdeteksi jika makanan tersebut mengandung bahan berbaya seperti Formalin, Boraks, Rodamin B dan Metanin Yellow.

Namun itu masih praduga, sementara untuk memastikan keakuratannya pihaknya akan melakukan tes kembali di laboratorium.

“Memang jika menggunakan teskip itu langsung keluar positif atau negatifnya, namun itu tidak 100 persen benar dan sifatnya masih praduga, jadi hanya hasil laboratorium lah nanti yang akan keluar 100 persen kebenarannya," jelas Nurlinda.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama lintas sektor di Aceh Jaya akan segera menindaklanjuti terhadap dua jenis kerupuk tempe yang mengandung boraks dan juga akan melakukan tes laboratium terhadap dua jenis kerupuk tersebut.

“Tadi ada empat titik yang kami sampling diseputaran Kota Calang terhadap beberapa jenis makanan seperti, tahu, mie, kerupuk dan beberapa jenis makannan berwarna lainnya," ujarnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...