Unduh Aplikasi

DPRK Aceh Jaya Belum Pernah Menerima Laporan Pajak PT ASN

DPRK Aceh Jaya Belum Pernah Menerima Laporan Pajak PT ASN
Wakil Ketua DPRK Aceh Jaya, T. Hasyemi Puteh. Foto: Suar

ACEH JAYA - Wakil Ketua DPRK Aceh Jaya Teuku Hasyemi Puteh mengungkapkan kalau Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) PT. Agro Sinergi Nusantara (ASN) yang terletak di wilayah Aceh Barat dan Aceh Jaya semenjak beroperasi hingga kini belum pernah membayar pajak semenjak beroperasi.

"Setahu saya, dari pertama berdirinya PT ASN tersebut hingga hari ini belum pernah melaporkan mengenai pajak yang diterima oleh Aceh Jaya, jika pun ada, kami di DPRK belum pernah menerima laporan dari kabid anggaran menyangkut pajak PT ASN tersebut," kata T. Hasyimi kepada AJNN, Sabtu (8/9).

Selain itu, ia mengungkan kalau persolan PT ASN merupakan tanggung jawab provinsi. Apalagi tapal batas wilayah Aceh Jaya dan Aceh Barat hingga sekarang belum ada titik temu.

Menurutnya, PT ASN ini memiliki lahan yang sangat luas hingga ke empat desa dalam dua kecamatan di Aceh Jaya, dan sebagian besar lainnya ada di wilayah Aceh Barat.

"Kalau berapa luasnya saya tidak tahu pasti, namun dari informasi yang kami terima wilayahnya memasuki empat desa dalam dua kecamatan, dan pabriknya berada di wilayah Aceh Jaya," ungkap T Hasyimi

Ia juga menjelaskan kalau terkait izin perusahaan PT ASN tersebut tidak ada masalah, karena sudah ada surat dari provinsi yang disampaikan dan diberikan ke Pemerintah Aceh Jaya.

"Izin PT ASN itu sebagai perkebunan sawit, bukan sebagai pabrik kelapa sawit (PKS)," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kemungkinan menyangkut dengan izin operasi pabrik kelapa sawit PT ASN tersebut di Aceh Barat, karena pengurusan prinsip izinnya dulu masih di Aceh Barat.

"Tapi ketika kami turun ke lokasi dulu waktu dinas perkebunan masih wewenang di Aceh Jaya ternyata letak pabrik PT ASN berada di wilayah Aceh Jaya," jelasnya.

Komentar

Loading...