Unduh Aplikasi

DPR RI: Lapas Lambaro Perlu Dievaluasi Total

DPR RI: Lapas Lambaro Perlu Dievaluasi Total
Personel Kepolisian masih bersiaga di Lapas Kelas II A Banda Aceh. Foto: Tommy

BANDA ACEH - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Nasir Djamil meminta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mengevaluasi total Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Banda Aceh.

"Minta Kemenkumham untuk mengevaluasi secara total pengawasan dan pembinaan yang ada di LP ini (Lambaro). Karena ini kejadian kedua kali dengan skala besar," kata Nasir Djamil kepada wartawan usai mengunjungi Lapas, Jum'at (30/11).

Kata Nasir, evaluasi menyeluruh ini perlu dilakukan terkait bagaimana model pembinaan dan pengawasannya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi kedepannya. Kemudian perihal mekanisme penegakan disiplin LP, semua kebijakannya itu merupakan wewenang Kemenkumham.

Baca: Satu Napi Lapas Lambaro Ditangkap di Lhokseumawe

"Diapakan Kalapasnya, dan juga KPLP nya (Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan). Tentu saja pak Menteri yang tahu, yang akan memberikan apakah teguran atau yang lainnya," ujar politikus asal Aceh itu.

Selain itu, Nasir juga meminta Kanwil Kemenkumham Aceh untuk memanfaatkan semua media sosial untuk mencari para narapidana yang kabur itu. Bahkan bila perlu memberikan ultimatum, hal itu penting dilakukan mengingat para terpidana dinilai berpotensi melakukan kejahatan lain.

"Karena apapun ceritanya, sebelum mereka ditangkap kembali, itu akan menimbulkan keresahan, berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Nasir juga mengucapkan terima kasih kepada kepolisian dan TNI, jajaran masyarakat serta media yang telah membantu proses penangkapan para narapidana itu.

"Kami harap mereka kembali dengan kesadaran sendiri tanpa di cari-cari," pungkas Nasir.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...