Unduh Aplikasi

Diwarnai Perlawanan, Eksekusi Pengosongan SPBU Sitaan Bank Berhasil Dilakukan

Diwarnai Perlawanan, Eksekusi Pengosongan SPBU Sitaan Bank Berhasil Dilakukan
Eksekusi pengosongan barang-barang di atas tanah SPBU PT Angkasa Biru Beutari yang terletak di jalan Medan-Banda Aceh. Foto: Asrul

LANGSA - Pihak Pengadilan Negeri Langsa di back-up aparat kepolisian Polres Langsa dan Koramil Langsa Timur mengeksekusi pengosongan barang-barang di atas tanah SPBU PT Angkasa Biru Beutari yang terletak di jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di Desa Bukit Meutuah, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Selasa (6/11).

SPBU tersebut berstatus barang sitaan Bank BRI Cabang Kualasimpang. Setelah menjadi barang sitaan BRI, SPBU tersebut beberapa waktu lalu telah dilelang dan dimenangkan oleh Bustami warga Langsa.

Pada proses eksekusi pengosongan yang dipimpin oleh Ketua PN Langsa, Nurnaningsih, sempat terjadi perlawanan dari pihak PT Angkasa Biru Beutari. Perlawanan dilakukan dengan cara membakar ban guna menghalangi proses eksekusi tersebut, seakan-akan pihak pemilik SPBU yang disita tersebut tak terima barang mereka dimiliki orang lain.

"Eksekusi pengosongan ini kami lakukan berdasarkan penetapan surat eksekusi dengan nomor 2/Pen.Pdt.Eks-HT/2017/PN-Lgs tanggal 30 Oktober 2018," kata Nurnaningsih yang dikonfirmasi wartawan disela-sela proses eksekusi.

Dikatakan Nurnaningsih, eksekusi pengosongan barang-barang di atas tanah sitaan BRI Cabang Kualasimpang ini juga merupakan tindakan hukum yang sudah sesuai aturan dan perundang-undangan.

Sementara itu, Suhela Herawaty SH, Kuasa Hukum Bustami saat ditemui wartawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan eksekusi pengosongan barang di atas aset yang telah dimenangkan oleh kliennya itu.

"Setelah menunggu selama 1,5 tahun, akhirnya Bustami mendapat perlindungan dan kepastian hukum terhadap haknya," ujar Hera.

Karena, kata Hera, berdasarkan kutipan risalah lelang nomor 089/2017 tanggal 29 Maret 2017 yang dibuat oleh pejabat lelang Dwi Suyetno, SST pada 26 April 2017 lalu, Bustami dinyatakan sebagai pemenang lelang.

"Bustami juga telah melakukan pelunasan semua biaya kepada pihak PT. BRI (persero) Tbk. Cabang Kualasimpang senilai Rp 4.478.952.600," ungkap Hera.

Komentar

Loading...