Unduh Aplikasi

Dirjen PAS Sesalkan Kerusuhan di Rutan Pidie

Dirjen PAS Sesalkan Kerusuhan di Rutan Pidie
Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utama. Foto: Liputan6.com

BANDA ACEH - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM RI, Sri Puguh Budi Utama menyesalkan atas kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sigli beberapa hari lalu.

Menurut Sri, kerusuhan yang menyebabkan terbakarnya Rutan kelas II B itu tidak bisa dilupakan oleh semua pihak dan telah menjadi sorotan dunia.

"Seharusnya ini bisa di cegah, kejadian ini membuat berkurang kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemasyarakatan," kata Sri Puguh Budi Utami di Lapas Kelas II A Banda Aceh di Aceh Besar, Rabu (12/6).

Menurut Sri, kejadian kerusuhan itu disebabkan pengambilan dispenser oleh petugas dengan kopi di kantin tidak laku. Akibatnya menimbulkan insiden pembakaran.

"Ini hal yang sepele. Seharusnya tidak terjadi dan dapat dicegah," sebutnya.

Baca: Pasca Rusuh, Dirjen Pas Kemenkumham Kunjungi Rutan Pidie

Oleh karena itu, pihaknya berharap kejadian seperti di Rutan kelas II B Sigli tidak terulang lagi di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan lainnya di Aceh.

"Kejadian kerusuhan di lembaga pemasyarakatan di Aceh bukan hanya sekali terjadi di Aceh. Untuk itu perlu mengefektifkan komunikasi yang baik antara petugas dengan narapidana baik di Lapas dan di Rutan," katanya.

Dalam kunjungannya ke Lapas Banda Aceh, Sri juga meresmikan layanan kunjungan Lapas Banda Aceh serta mengukuhkan Satgas Kepatuhan Internal.

"Dengan terbentuknya Satgas Kepatuhan Internal ini kita harapkan adanya perubahan lebih baik di Lapas maupun di Rutan yang ada di Aceh," ungkap Sri Puguh Budi Utami.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...