Dinsos Aceh Buka Dapur Umum di Lokasi Terdamparnya 10 Paus

Dinsos Aceh Buka Dapur Umum di Lokasi Terdamparnya 10 Paus
Kadis Sosial Aceh Alhudri dan Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Diauddin ketika memantau paus yang terdampar di Pantai Ujeng Kareng, Aceh Besar. Foto: Fauzul Husni

BANDA ACEH - Dinas Sosial Aceh membuka dapur umur di lokasi terdamparnya 10 paus yakni di kawasan Pantai Ujung Kareng, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Sebelumnya, paus-paus tersebut terdampar di Ujung Kareng, Senin (13/11) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri mengatakan dapur umum ini sengaja dibuka untuk membantu masyarakat yang menarik paus-paus tersebut ke tengah laut. Pasalnya butuh orang banyak untuk membantu paus-paus tersebut.

"Kami juga membantu masyarakat yang sudah membantu menarik paus-paus itu, sehingga mereka-mereka tidak kelaparan," kata Alhudri.

Kadis Sosial Aceh sedang memantau dapur umur. Foto: Fauzul Husni

Ia menjelaskan dapur umum dibuka setelah salat mangrib. Pasalnya hingga terbenamnya matahari, paus-paus itu baru berhasil ditarik lima ekor. Sementara lima ekor lainnya masih terdampar.

Baca: 10 Paus Terdampar di Kawasan Ujung Kareng Aceh Besar

"Karena sudah malam, makanya kami segera membuka dapur umur, karena prediksinya bisa sampai pagi menarik paus-paus ini," ujarnya.

Pantaun AJNN di lokasi sekitar pukul 21.00 WIB, Kadis Sosial Alhudri tampak terlihat sibuk mengurus anggotanya yang sedang membuka dapur umum. Selain itu, tampak Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Diauddin, dan Kaporesta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin.

Paus yang terdampar di kawasan Pantai Ujung Kareng. Foto: Fauzul Husni

Hingga Kamis (14/11) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Alhudri dan Kombes Pol T Saladin masih berada di lokasi untuk memantau perkembangan. Dari lima yang terdampar, baru satu ekor yang berhasil ditarik ke tengah laut, sementara satu ekor paus mati.

Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...