Hasanudin
Unduh Aplikasi

Dinkes Aceh; Penyakit Difteri Karena Masyarakat Enggan Imunisasi 

Dinkes Aceh; Penyakit Difteri Karena Masyarakat Enggan Imunisasi 
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif menyebutkan penyakit menular difteri yang terjadi di provinsi Aceh disebabkan karena orang tua enggan melakukan imunisasi terhadap anaknya.

"Sebagian masyarakat enggan melakukan imunisasi kepada anaknya karena terpancing isu-isu yang negatif terhadap imunisasi itu sendiri," kata Hanif, Rabu (13/12).

Hanif menyebutkan, imunisasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh dan  mencegah penyebaran bakteri Corynebacterium Diphteriae yang menyerang saluran pernafasan bagian atas pada manusia.

Dari kasus yang ditemui, 95 persen pasien yang terserang penyakit menular difteri tidak melakukan imunisasi. Sedangkan lima persen lainnya tidak melakukan imunisasi secara lengkap.

"Di Aceh ada 93 kasus difteri yang ditemukan. Rata-rata mereka tidak melakukan imunisasi. Usia pasien berkisar dua hingga 17 tahun," ujarnya.

Untuk mencegah penyebaran difteri, Dinkes Aceh akan melakukan beberapa langkah untuk memutuskan penyebaran penyakit menular tersebut dengan cara memberikan pengobatan apabila ditemukan satu kasus dalam satu wilayah.

"Jika ditemukan adanya pasien yang mengalami gejala awal difteri segera laporkan agar berikan anti serum difteri dan antibiotik, sehingga tidak menyebar," katanya.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...