Unduh Aplikasi

Diduga Keracunan, Puluhan Warga Dilarikan ke RSU

Diduga Keracunan, Puluhan Warga Dilarikan ke RSU
Sejumlah anak menjalani perawatan di RSU Tgk Abdullah Syafi'i, Beureunuen karena diduga keracunan makanan, Kamis (26/12/2018). Photo: AJNN.Net/Salman

PIDIE - Puluhan warga Gampong Rinti Ujong Rimba, Kecamatan Muara Timur, Pidie terpaksa menjalani perawatan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Abdullah Syafi'i, Beureunuen karena diduga keracunan makanan.

Mereka mengeluhkan mual-mual usai menyantap makanan yang disajikan di acara perayaan maulid.

"Awalnya yang dirawat hanya beberapa pasien, tapi setelah magrib membludak hingga mencapai puluhan," kata Kepala Tata Usaha (KTU) Tgk RSU Abdullah Syafi'i, Beureunuen, Arman kepada AJNN, Kamis (26/12/2018).

Menurut Arman, puluhan warga Gampong Rinti mulai berdatangan ke IGD rumah sakit itu sejak Kamis siang sekirapukul 14.00 wib, dan terus bertambah hingga 18.30 WIB atau setelah magrib. Dia menyebutkan, hingga Kamis malam, sebanyak 27 pasien masih menjalani. Dari julah tersebut, 12 orang diantaranya merupakan anak-anak dengan usia antara 3 tahun hingga 4 tahun.

"Saat ini kondisinya mulai membaik setelah di infus. Dugaan semetara akibat keracunan makanan. Tapi untuk mengetahui jenis keracunanya pihak dinas akan menguji sampel makanan di Laboraturium," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Keuchik Gampong Rinti, M. Adam mengatakan belum mengetahui pemicu keracunan makanan yang menimpa warganya. Namun kata M Adam, pada Selasa, (25/12/2018) warga Gampong Rinti sempat menghadiri undangan maulid di gampong tetangga.

" Warga mulai mengalami mual dan muntah Kamis pagi sekitar pukul 04.00 Wib pagi. Beberapa diantaranya sempat dibawa ke puskesmas terdekat dan akhirnya dirujuk ke RSU Tgk Abdullah Syafi'i pukul 14.00 WIB," kata M Adam.

"Saya belum tahun penyebab mual dan muntah yang dialami warga, namun warga sempat mengkomsumsi nasi maulid dari gampong tetangga. Anak saya juga kena," jelas M Adam.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...