Unduh Aplikasi

Dibuka Pendaftaran Pelatihan Liputan Investigasi Lingkungan untuk Wartawan dan CSO

Dibuka Pendaftaran Pelatihan Liputan Investigasi Lingkungan untuk Wartawan dan CSO
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE – Bina Rakyat Sejahtera (BYTRA) membuka pendaftaran pelatihan liputan investigasi bertema “Jurnalisme Investigasi untuk Pengurangan Deforestasi” untuk jurnalis daerah dan aktivis Civil Society Organization (CSO) di Provinsi Aceh, Kamis (3/5).

Adapun pelatihan itu terbuka untuk jurnalis daerah dan aktivis CSO di Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

Direktur BYTRA/Dewan Daerah Walhi Aceh, Saifuddin Irhas, mengatakan, pendaftarannya dibukai mulai tanggal 3 sampai 20 Mei 2018. Adapun tujuan dari pelatihan peliputan investigasi itu guna untuk meningkatkan peran jurnalis khususnya jurnalis lokal dalam mendukung terciptanya tata kelola lingkungan yang akuntabel, transparan dan berkelanjutan.

“Pelatihan ini juga untuk mengungkap praktek-praktek kejahatan lingkungan yang diduga telah memberikan dampak deforestasi dan degradasi hutan dan lahan di Aceh khususnya di area lanskap PJT dengan dukungan data dan informasi,” katanya kepada AJNN.

Sambungnya, kemudian kegiatan penebangan rinci dan konversi lahan di area jeda, profil para penebang/ pelaku dan permodalannya, jalur distribusi perdagangan kayu di Aceh dan daerah lain yang berasal dari daerah jurang lanskap area PJT, distribusi /jaringan pemasanan produk konversi lahan (kopi, minyak sawit, kentang, dan lainnya).

“Selain itu juga untuk terbentuknya kerjasama antara jurnalis dan CSO dalam mendukung tata kelola lingkungan yang lebih baik ke depannya. Hasil liputan jurnalis dapat dipergunakan untuk kepentingan advokasi oleh para CSO lokal,” ungkapnya.

Saifuddin menambahkan, adapun persyaratannya yakni tertarik pada isu lingkungan hidup dan kehutanan serta pernah melakukan liputan terkait isu lingkungan di daerahnya, pengalaman bekerja minimal dua tahun pada bidangnya, mendorong keikutsertaan perempuan dalam program ini dan berkomitmen mengikuti fellowship dan menyelesaikan seluruh tugas yang dibebankan.

“Rencana kerja liputan yang dikirimkan kepada panitia akan diseleksi oleh para mentor fellowship. 12 proposal dengan rencana peliputan terbaik akan diundang mengikuti pelatihan. Peserta terpilih setelah pelaksanaan pelatihan sebanyak tiga orang akan mendapat biaya liputan investigasi sebesar Rp 10 juta," ungkapnya.

Peserta yang berminat harus membuat rencana atau proposal liputan dengan tema di atas. Proposal dikirim melalui e-mail rakyat.sejahtera@gmail.com atau pos ke alamat : Sekretariat Bina Rakyat Sejahtera (BYTRA) Jl. Tu. Agam No. 60 D, Kuta Blang, Banda Sakti - Kota Lhokseumawe 24315, selambat-lambatnya pada tanggal 20 Mei 2018, pukul 23.59 WIB.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...