Unduh Aplikasi

Di Pijay, Bunga Bangkai Tumbuh di Dekat Warung Kopi

Di Pijay, Bunga Bangkai Tumbuh di Dekat Warung Kopi
Bunga bangkai tumbuh liar di dekat salah satu warung kopi di Gampong Mesjid Lancok. Foto: Muksalmina

PIDIE JAYA - Bunga bangkai (Amorphophallus) tumbuh di dekat salah satu warung kopi di Gampong Meunasah Masjid Lancok, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya.

Meski tumbuhan tersebut masuk dalam International Union for Conservation of Nature atau tumbuhan yang harus dilestarikan keberadaannya, tetapi pemilik warung di gampong itu memilih memangkasnya karena mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

"Saya pikir tadi bau bangkai tikus atau bangkai binatang lainnya, tapi setelah saya cari ternyata sumber bau menyegat itu berasal dari bunga itu," kata Bustami, pemilik warung tersebut kepada AJNN, Selasa (6/11).

Beberapa bulan lalu, ia mengaku tumbuhan yang masuk dalam kategori suku talas-talasan itu juga tumbuh di lokasi yang sama. Namun, bau menyengat dari bunga bangkai yang menganggu penikmat kopi di warung tersebut, Bustami memilih memunaskahkan bunga tersebut.

"Beberapa bulan yang lalu juga tumbuh bunga itu disini, saya tidak tahu kalau bunga itu bunga bangkai yang harus dilestarikan, karena menganggu saya mencari rezeki, saya memilih memangkas bunga itu," imbuhnya seyara menjelaskan dilokasi tersebut juga terdapat kuburan lama.

Komentar

Loading...