Unduh Aplikasi

Di Nagan Raya, Harga Gas 3 Kg Capai Rp 60 Ribu

Di Nagan Raya, Harga Gas 3 Kg Capai Rp 60 Ribu
Warga mengantre elpiji isi tiga kilogram di sebuah pangkalan penyalur di ruas Jalan Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

NAGAN RAYA - Warga di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, hingga kini mengeluh dengan harga jual gas tiga kilogram yang disubsidi pemerintah dijual seharga Rp60 ribu per tabung.

Padahal, harga resmi satu tabung gas tersebut dijual dengan kisaran Rp18 ribu hingga Rp20 ribu/tabung di tingkat agen penyalurnya.

"Memang harganya dari dulu mahal, tapi tidak sampai Rp60 ribu seperti yang dijual pada bulan suci Ramdhan ini," ujar Rosita (35), warga Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya kepada wartawan, Selasa (7/5).

Ibu dua anak ini mengatakan, kenaikan harga jual gas di daerah itu sudah berlangsung sejak lima bulan terakhir. Awalnya, satu tabung gas ini dijual dengan harga Rp45 ribu/tabung, kemudian naik menjadi Rp50 ribu/tabung dan menjelang bulan suci Ramadhan naik melejit hingga Rp60 ribu/tabung gas.

"Saat ini semua barang naik, termasuk tabung gas," tambahnya.

Dikatakannya, kenaikan harga gas ini semakin terasa berat dirasakan oleh masyarakat. Walau harus membeli dengan harga mahal, tapi tabung gas adalah kebutuhan pokok, mau tidak mau warga terpaksa membelinya.

Hal senada juga disampaikan Komariah (32), ia mengeluhkan selain harganya yang mahal tabung gas 3 kilogram juga sulit didapatkan.

Warga berharap pihak terkait segera mencari solusi agar harga gas subsidi pemerintah bisa didapatkan dengan mudah dan tidak dijual dengan harga mahal dan tidak wajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Diseprindagkop) Kabupaten Nagan Raya, Diman Dasimun yang dikonfirmasi Antara, secara terpisah membenarkan bahwa pihaknya selama ini kerap menerima laporan dari masyarakat yang mengeluh dengan tingginya harga jual gas tiga kilogram.

Meski sudah berulangkali melakukan pengecekan ke setiap agen pangkalan, ternyata harga jual gas yang dijual dengan harga tak wajar itu berada di tingkat pedagang pengecer, sehingga pihaknya tidak bisa mengambil tindakan tegas, kecuali melakukan imbauan dan pembinaan.

"Pedagang pengecer ngakunya beli dengan harga mahal, makanya harga jual gas tiga kilogram ini juga dijual dengan harga tinggi," kata Diman Dasimun.

Komentar

Loading...