Di Debat Kandidat, Zaini Abdullah Tegaskan Komit Jaga Lingkungan

Di Debat Kandidat, Zaini Abdullah Tegaskan Komit Jaga Lingkungan
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Zaini Abdullah-Nasaruddin. Foto: Fauzul Husni

BANDA ACEH - Calon Gubernur Aceh Zaini Abdullah kembali mempertegas komitmenya untuk menjaga lingkungan dengan melanjutkan moratorium pertambangan. Sebelumnya, menjelang memasuki cuti masa kampanye sebagai Gubernur Aceh, Abu Doto--sapaan Zaini Abdullah--telah mengelurkan ingub terbaru bernomor 09 tahun 2016 yang akan berakhir pada tahun 2017.

"Komitmen kami adalah melanjutkan moratorium tambang, sawit, dan menentang penembangan hutan," kata Zaini Abdullah ketika membacakan visi misi dalam debat kandidat yang dilaksanakan oleh KIP Aceh, Kamis (22/12) malam di Hotel Hermes.

Dirinya menambahkan tujuan melanjutkan moratorium tambang, bukan hanya untuk menyelematkan lingkungan tapi untuk warisan generasi Aceh dimasa depan.

"Kemudian perhatian khusus kami adalah untuk pengembangan peradaban islam pendidikan dayah, dan perempuan, lewat berbagai kebijakan adalah intiar dan harapan mulia untuk generasi Aceh yang hebat dan bermartabat," ungkapnya.

Untuk diketahui, sejak dikeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 11/INSTR/2014 lalu, Pemerintah Aceh berhasil mengurangi jumlah izin usaha pertambangan (IUP), dari 138 izin hingga yang tersisa tahun 2016 hanya 46 izin. Selain itu, pasca moratorium pertambangan tercatat 2.300 juta lebih hektare hutan juga berhasil diselamatkan.

 

 

 

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...