Unduh Aplikasi

Di Aceh Barat, Buang Sampah Sembarangan Bakal Didenda Rp 300 Ribu

Di Aceh Barat, Buang Sampah Sembarangan Bakal Didenda Rp 300 Ribu
Ilustrasi. Foto: BeritaSatu.com

ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat akan memberlakukan denda kepada masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Pemberlakukan denda tersebut, sesuai dengan Qanun Nomor 4 Tahun 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat, Muliadi mengatakan denda yang akan dikenakan bagi warga yang kedapatan buang sampah sembarangan maksimalnya 300 ribu rupiah.

Baca: Mimpi Piala Adipura di Tengah Serakan Sampah

"Kedepan akan kita berlakukan denda bagi warga yang membuang sampah sembarangan dengan nilai minimal Rp 100 ribu dan maksimal Rp 300 ribu, sesuai qanun nomor 4 tahun 2017," kata Muliadi, kepada AJNN.

Menurutnya pemberlakukan denda tersebut merupakan upaya mencegah dan menyadarkan masyarakat agar menjaga lingkungan bersih dan sehat dari berbagai jenis sampah.

Agar aturan tersebut berjalan maksimal, kata dia, nantinya akan ditempatkan petugas pemantau di titik-titik tertentu guna memergoki warga yang buang sampah sembarangan.

"Namun sebelum ini kita berlakukan terutama di setiap area jalan alteleri atau jalan protokol nantinya untuk pilot projeknya akan kita mulai di jalan swadaya," ucapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan menyebarkan banner atau spanduk imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan pada spanduk tersebut juga dijelaskan nilai denda yang harus dibayarkan jika melanggar.

Untuk menjaga lingkungan yang sehat dan bersih ia juga menghimbau masyarakat terutama pertokoan untuk menyediakan tempat sampah di depan pertokoan, mengingat jumlah bak sampah yang disediakan dinas tersebut belum maksimal.

Bagi warga yang tidak memiliki bak sampah, Muliadi mengimbau agar membuang sampah di lokasi yang telah disediakan dinas tersebut seperti di kawasan pelabuhan jetty dan jalan kayu putih.

"Warga kita harapkan tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat, kalau ada yang membuang sampah bisa di kontainer yang ada di pelabuhan dan juga di jalan kayu putih, atau bisa diletakkan di tempat yang terasing di depan lingkungan rumah nanti kita jemput sampahnya," ujar Muliadi.

Untuk menjaga lingkungan bersih dan terbebas dari sampah, ucap Muliadi, pihaknnya juga akan menggandeng Pemerintah Desa untuk mengajak warga mereka menjaga lingkungan bersih tanpa sampah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...