Unduh Aplikasi

Destinasi wisata paling banyak dicari di Google

Destinasi wisata paling banyak dicari di Google
Foto:Ilustrasi.Shutterstock

JAKARTA - Beberapa tahun belakangan ini, orang-orang Indonesia semakin hobi pelesir, baik dalam negeri ataupun luar negeri. Google Indonesia baru saja mengumumkan bahwa pencarian masyarakat Indonesia mengenai tempat-tempat wisata terus mengalami peningkatan.

Mereka menghimpun data destinasi wisata yang paling banyak ditelusuri oleh orang Indonesia selama Januari 2017 hingga Juli 2018. Ada tiga kategori populer di antara orang Indonesia, yaitu atraksi wisata, lokasi kuliner, dan lokasi belanja.

"Untuk destinasi domestik, delapan dari sepuluh daerah ada di Jawa. Sedangkan untuk destinasi luar negeri, bisa dilihat jika tiga teratas adalah lokasi yang dekat dengan Indonesia," kata Zulfi Rahardian, Industry Manager Travel Google Indonesia, seperti dikutip Kompas.com.

Berikut adalah 10 destinasi domestik paling banyak ditelusuri oleh orang Indonesia lewat Google:

1. Jakarta

2. Bandung

3. Yogyakarta

4. Badung (Kuta)

5. Surabaya

6. Malang

7. Semarang

8. Bogor

9. Medan

10. Bandung Barat (Lembang)

Selain itu, ada juga destinasi wisata di Indonesia yang populer dan mengalami pertumbuhan cepat, seperti Malang, Labuan Bajo, dan Sumba."Kota-kota sekunder sedang populer di laman pencarian," imbuhnya.

Selama periode pengumpulan data, Google Indonesia menemukan fakta bahwa kepopuleran wisata di kota-kota sekunder tumbuh sebesar 48 persen, dibandingkan kota-kota utama yang hanya tumbuh 18 persen dalam periode yang sama. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan selama dua tahun terakhir, Google Indonesia melihat Malang sebagai kota yang paling banyak dicari.

Vice President of Marketing Traveloka, Kurnia Rosyada, mengatakan, Malang merupakan salah satu kota yang mudah dijangkau dan punya banyak objek wisata. Hal tersebutlah yang jadi alasan Kota Apel jadi menarik sebagai destinasi liburan.

"Di Batu, Malang, banyak tempat wisata. Cuaca juga lebih dingin," ungkap Kurnia. .

Pesona Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, menurut penemuan Google Indonesia, belum surut.Keindahan alamnya dan hewan ikonik, komodo, masih menjadi daya tarik yang kuat.

Menurut temuan Google, banyak orang Indonesia mencari informasi semacam hotel labuan bajo, komodo, labuan bajo flores, dan labuan bajo wisata di mesin pencari Google Search.Selain itu, Sumba, Nusa Tenggara Timur, juga jadi destinasi populer dengan banyak pencarian semacam tiket ke Sumba, Sumba Barat, dan Sumba Timur.

Wisata luar negeri

Kemudian, untuk destinasi luar negeri, negara tiga besar yang banyak dikunjungi orang Indonesia masih kisaran Asia Tenggara."Singapura, Kuala Lumpur dan Bangkok masih populer, cuma kita lihat destinasi di Asia Timur juga menjadi salah satu top destination," tuturnya.

Destinasi di Asia Timur yaitu Tokyo, menunjukkan pertumbuhan paling pesat sejak tahun lalu. Semakin banyak pelancong Indonesia yang mencari informasi soal melancong ke sana."Tokyo menjadi yang paling rising dari tahun lalu. Pencarian populer seputar Tokyo, Ginza, Asakusa, Shinjuku, Shibuya, dan Tokyo Disneyland juga menjadi favorit yang dicari masyarakat Indonesia," jelasnya.

10 destinasi luar negeri paling banyak ditelusuri oleh orang Indonesia lewat Google:

1. Singapura

2. Kuala Lumpur

3. Bangkok

4. Tokyo

5. Hongkong

6. Dubai

7. Seoul

8. Sydney

9. Paris

10. Melbourne

Kurnia menerangkan, banyak pelancong dari Indonesia yang mulai melihat tempat wisata di Asia Timur seperti ke Tokyo atau Seoul.Dia menambahkan bahwa semakin mudahnya free visa. Kemudian, e-pasport dan juga culture Jepang yang melekat di sisi Indonesia. Lalu, hadir pula Disneyland. Membuat Tokyo sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan Indonesia.

"Hongkong juga lebih dekat dan populer. Namun, sudah lebih banyak kemudahan. Dulu, mungkin mahal ke Jepang, tapi sekarang sudah lebih murah dan banyaknya penerbangan ke Tokyo. Jepang itu yang mendukung Tokyo menjadi salah satu popular destination yang berkembang pesat," pungkasnya.

Komentar

Loading...