Unduh Aplikasi

SIMULASI PENGAMANAN PILEG DAN PILPRES 2019

Demo di Lhokseumawe Rusuh, Terdengar Suara Tembakan

Demo di Lhokseumawe Rusuh, Terdengar Suara Tembakan
Simulasi pengamanan Pilkada 2019 di Mapolres Lhokseumawe. Foto: AJNN.Net/Sarina

LHOKSEUMAWE - Sejumlah massa dari salah satu tim sukses pasangan calon Presiden dan wakil presiden mengobrak-abrik Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena tidak menerima kekalahan pasangan calon yang didukungnya.

Tak tinggal diam, karena tidak menerima kekalahan tersebut dan dianggap Pemilu 2019 curang. Massa itu mendatangi Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe dengan membawa sejumlah benda seperti kayu dan beberapa benda keras lainnya.

Di depan Kantor KIP tersebut, pendemo berteriak” Ulangi lagi, ulangi lagi, Pemilu ini curang,”. Namun saat massa semakin memanas dan terus bertambah, aparat keamanan dari Polres Lhokseumawe membawa Ketua KIP Lhokseumawe ke lokasi yang aman, dikhawatirkan massa akan bersikap anarkis.

Mengingat situasi semakin memanas, diikuti teriakan teriakan juga pelemparam benda keras serta air, lokasi yang sebelumnya hanya diamankan oleh Satuan URC Sabhara kini dibantu oleh petugas Penanganan Huru Hara (PHH).

Tak tinggal diam, karena kondisi massa terus memanas, akhirnya satu pleton personil Brimob bersenjata lengkap menggunakan motor trail dan datang ke lokasi demo. Situasi yang sebelumnya sempat terjadi pemkaran ban dan juga sempat di redakan menggunakan water canon, kini terlihat sedikit mundur.

Personil Brimob bersenjata lengkap melepaskan tembakan peringatan ke atas, namun massa juga tak kunjung reda, karena perlawanan terus dilakukan pendemo, akhirnya personil Brimob dengan perintah atasan kembali melepaskan tembakan hingga dua orang massa pendemo terluka terkena peluru tembakan tersebut.

Selain itu, petugas juga mengamankan satu otak provokator, sementara korban terkena tembakan langsung dievakuasi ke rumah sakit. Sementara pendemo Kantor KIP Lhokseumawe berhasil dibubarkan oleh personil Brimob bersenjata lengkap tersebut.

“Kami laksanakan simulasi ini guna untuk persiapan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019, sehingga jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, persiapan kami sudah matang nantinya,” pungkas Kapolres AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kabag Ops Kompol Adi Sofyan.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...