Unduh Aplikasi

Darwati Maafkan Pemilik Akun Timphan Aceh

Darwati Maafkan Pemilik Akun Timphan Aceh
Darwati A Gani hadir sebagai saksi dalam kasus ujaran kebencian di media sosial yang menjerat Muhammad Jumara. Foto: Fauzul Husni

BANDA ACEH - Darwati A Gani, istri Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, akhinya memaafkan pemilik akun Facebook Timphan Aceh, Muhammad Jumara.

Pemintaan maaf terdakwa disampaikan di muka persidangan di Pengadilan Negeri Banda Aceh, Kamis (13/9) dan disaksikan oleh majelis hakim, JPU Kejari Banda Aceh, dan kuasa hukum terdakwa.

Muhammad Jumara hadir dalam sidang terkait dakwaan pencemaran nama baik didampingi oleh tiga kuasa hukumnya yakni Muhammad Zubir, Muklis Muktar dan satu lainnya. Sidang dengan Nomor perkara 310/Pid.Sus/2018/PN Bna, mengagendakan mendengarkan keterangan saksi.

Dalam sidang tersebut, sidang dipimpin oleh Hakim Ketua Bahiar dan anggota yakni Nani Sukmawati dan Cahyono. Sedangkan dua saksi yang diperiksa yakni Darwati A Gani dan Zulfiktri. Sidang berakhir sekitar pukul 11.00 WIB.

Permohonan maaf itu terwujud setelah difasilitasi oleh majelis hakim. Muhammad Jumara diminta kedepan untuk bersalaman dengan Darwati sekaligus menyampaikan permohonan maaf.

"Saya minta maaf karena kesalahan yang saya tulis," kata Muhammad Jumara.

"Iya saya maafkan, ini harus menjadi pengalaman dan semoga tidak terjadi lagi kepada orang lain, saya maafkan karena saya tahu kamu juga ada ibu seorang perempuan, jadi semoga tida diulangi lagi," kata Darwati A Gani.

Baca: Timphan Aceh Jalani Sidang Perdana di PN Banda Aceh

Hakim selanjutnya menyampaikan bahwa meski sudah ada permohonan maaf, namun kasus tersebut tetap dilanjutkan dan memanggil beberapa saksi lainnya untuk dimintai keterangan.

"Tapi permohonan maaf ini menjadi pertimbangan majelis hakim nantinya untuk memutuskan salah atau benar," kata majelis hakim.

Sementara itu, Darwati A Gani ketika diwawancara usai persidangan mengaku sudah jelas awal berharap pihak keluarga Muhammad Jumara datang untuk menyampaikan permohonan maaf.

"Sudah lama juga kasus itu, ya sudah saya lupakan saja, dan saya ingat juga dia (Muhammad Jumara) juga punya ibu," ujarnya.

Ia mengaku setelah mendapatkan surat panggilan tadi malam, langsung berniat untuk memaafkan Muhammad Jumara.

"Sejak tadi malam saya sudah berniat untuk memaafkan dia, tadi juga permohonan maaf langsung disaksikan majelis hakim," kata Darwati A Gani.

Seperti diketahui, tersangka Muhammad Jumara, warga Pidie itu ditangkap pihak kepolisian daerah Aceh berdasarkan laporan Istri Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf karena telah menyebarkan ujaran kebencian di media sosial melalui akun Facebooknya dengan menyebarkan foto pelapor dengan seorang tersangka mucikari prostitusi.

Tersangka dijerat Pasal 45 Ayat (3) juncto Pasal 27 Ayat (3) Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana direvisi dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Komentar

Loading...