Unduh Aplikasi

Dana Desa di Aceh Singkil Belum Cair

Dana Desa di Aceh Singkil Belum Cair
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampong, Hermanto. Foto: Edi Putra

ACEH SINGKIL - Dari 116 desa yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil, belum satupun yang melakukan penarikan dana desa tahun 2018. Hal itu terjadi akibat banyak desa belum merampungkan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKam) yang menjadi syarat pencairan anggaran.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampong (BPMK) Aceh Singkil, Hermanto, Selasa (22/5).

Kata Hermanto, dari total 116 desa yang ada, baru 40 Desa yang telah merampungkan penyusunan ABPKamnya dan telah direkomendasikan pihaknya untuk mengajukan penarikan anggaran, selebihnya atau 76 desa lainya sedang merampungkan penyusunan APBKanya.

"Belum ada yang melakukan pencairan, tapi untuk penarikan tahap pertama sebesar 20 persen ini sudah kami rekomendasikan untuk melakukan pencairan pada Badan Pengelola Keuangan sebayak 40 desa, ini yang sudah menyelesaikan RAPBkamnya, yang lain belum tapi segera menyusul," kata Hermanto.

Ditanya apa yang menjadi kendala sehingga penyusunan APBKam berjalan lambat, Hermanto mengatakan hal itu karena adanya perubahan aturan pada penggunaan dana desa, yakni aturan padat karya tunai pada kegiatan fisik sebagaimana SKB 4 menteri, sehingga desa yang semula sudah merampungkan penyusunan RAPBKamnya harus kembali menyesuaikan dengan aturan baru tersebut.

"Kami juga terlambat menerima aturan SKB 4 menteri itu, aturan padat karya tunai itukan perlu disosialisasikan lagi dan harus masuk dalam APBKam, sementara sebelumnya desa sudah membuat RAB, dengan aturan itu harus dirubah lagi untuk disesuaikan, kendala lain ada beberapa persoalan di desa," ujarnya.

Hermanto berharap seluruh kepala desa segera menyelesaikan penyusunan APBKamnya sehingga mingu ini seluruh desa dapat mengajuan penarikan, sebab batas akhir penarikan tahap I dan II paling lambat minggu ketiga bulan juni mendatang.

Komentar

Loading...