Dampak Banjir dan Longsor di Bireuen Juga Parah

Dampak Banjir dan Longsor di Bireuen Juga Parah
Jalan Lintas Bireuen-Takengon yang Ambruk dan Nyaris Patah. Foto: Ist

BIREUEN - Bencana banjir dan longsor juga terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bireuen. Akibatnya sejumlah infrastruktur dan fasilitas umum rusak parah.

Dari informasi yang dihimpun AJNN, hujan deras yang mengguyur wilayah Bireuen sejak sepekan terakhir telah menyebabkan terjadinya banjir dan longsor.

"Banjir sempat melanda Kecamatan Makmur dan Gandapura. Bahkan 446 Kepala Keluarga sempat diungsikan. Namun sejak kemarin banjir berangsur surut dan sebagian besar warga sudah kembali ke rumah masing-masing," ujar Kalak BPBD Bireuen, Muhammad Nasir saat dihubungi AJNN, Rabu, (6/12).

Selain dampak pengungsian, banjir dan longsor di Bireuen juga mengakibatkan sejumlah rumah warga, infrastruktur dan fasilitas umum lainnya rusak berat di sembilan kecamatan.

"Di Makmur enam unit rumah rusak akibat longsor. Tanggul Primer Irigasi Paya Dua erosi, badan jalan amblas dan tebing Alue Badak juga longsor," ungkap Nasir.

Selain di Kecamatan Makmur, di Pandrah, dua unit rumah warga juga terkena longsor. Tebing Krueng Pandrah juga tergerus arus sungai. Kondisi yang sama terjadi di Kecamatan Plimbang, satu unit jembatan rusak di Gampong Mane Daka. Tebing Krueng Jeunib di Gampong Lheu Simpang dan Meunasah Tunong juga amblas.

"Tebing Krueng Leubu di Gandapura juga patah dan amblas di sejumlah titik. Di Peusangan Siblah Krueng, satu unit jembatan ambruk di Gampong Awe Geutah. Sedang di Gampong Alue Glumpang, badan jalan juga amblas," sebutnya.

Sementara itu, di Peusangan Selatan longsor juga merusak badan dan drainase di Gampong Suwak dan juga tanggul saluran di Gampong Pante Baroe.

"Di kilometer 22, Kecamatan Juli, jalan negara ambruk dan nyaris patah. Satu jembatan di Gampong Juli Seutuy juga patah. Termasuk longsor tanggul saluran di Gampong Juli Cot Mesjid. Satu unit jembatan darurat di Gampong Blang Pati rusak di Peudada juga rusak," imbuh Nasir.

Sejauh ini pihak BPBD Bireuen telah melakukan kajian cepat, terhadap penanganan darurat bencana banjir dan longsor tersebut.

"Itu baru data sementara yang kita himpun. Sejauh ini kondisi di Bireuen masih kondusif dan terkendali," ujarnya.

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...