Unduh Aplikasi

Daftar Kegiatan DOKA di Distanbun Aceh Yang Tak Sesuai Juknis

Daftar Kegiatan DOKA di Distanbun Aceh Yang Tak Sesuai Juknis
Zulfadhli

BANDA ACEH - Anggota Tim Monev Dana Otsus Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Zulfadhli menilai Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2018 yang ditetapkan melalui Peraturan Gubernur sarat masalah. Pasalnya, selain program dan kegiatannya banyak tanpa perncanaan dan tidak memiliki dokumen kepemilikan lahan, alokasi DOKA juga banyak yang melanggar Pergub Nomor 9 tahun 2017 tentang Pentunjuk Teknis Pengelolaan Dana Tambahan Bagi Hasil Migas dan Otsus dan Pergub Nomor 81 tahun 2017 tentang Perubahan atas Pergub Nomor 9 Tahun 2017.

Baca: 242 Paket DOKA di PUPR Aceh Senilai Rp 444 Miliar Diduga Tanpa Dokumen Perencanaan

Dia menyebutkan pada pasal 17 ayat 1 Pergub Nomor 81 itu disebutkan SKPA, Pemerintah Kabupaten/Kota atau masyarakat/pihak ketiga dalam mengusulkan kegiatan pembangunan/pemeliharaan infrastruktur atau pemeliharaan/pembangunan kontruksi lainnya yang bersumber dari dana Otsus, hanya boleh dengan nilai paling kurang Rp 500 juta berdasarkan sub kegiatan kecuali penyelesaian kegiatan yang belum selesai.

Daftar Kegiatan DOKA di Distambun yang tak sesuai Juknis

Pada ayat dua juga disebutkan SKPA, Pemerintah Kabupaten/Kota atau masyarakat/pihak ketiga dalam mengusulkan kegiatan non infrastruktur atau non kontruksi yang bersumber dari dana Otsus, hanya boleh dengan nilai paling kurang Rp 500 juta berdasarkan lokasi dan pencapaian sasaran yang terintegrasi.

"Namun temuan kami, pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh terdapat 25 kegiatan DOKA yang nilainya di bawah Rp 500 juta. 19 diantara sudah selesai dilelang dan enam lainnya masil dalam proses lelang di LPSE Pemerintah Aceh," katanya.

Daftar Kegiatan DOKA di Distambun yang tak sesuai Juknis

Dikatakan Zulfadhli 25 kegiatan DOKA itu tersebar di sejumlah kabupaten kota meliputi Aceh Singkil delapan kegiatan, Aceh Barat tiga kegiatan, Aceh Besar enam kegiatan, Aceh Selatan dua kegiatan, Gayo Lues dua kegiatan, Aceh Jaya, Subulussalam, Pidie Jaya dan Nagan Raya masing-masing satu kegiatan.

Daftar Kegiatan DOKA di Distambun yang tak sesuai Juknis

Kata dia, pihaknya memangil pihak terkait akan menelusuri dinas-dinas lain yang kegiatan DOKA tidak sesuai Juknis atau melanggar Pergub Nomor 81 tahun 2017.

Komentar

Loading...