Unduh Aplikasi

Cuaca Ekstrim, Harga Ikan di Pasar Tradisional Lhokseumawe Meningkat

Cuaca Ekstrim, Harga Ikan di Pasar Tradisional Lhokseumawe Meningkat
Pedagang ikan di Pasar Pusong, Kota Lhokseumawe, Sabtu (12/1). Foto: AJNN.Net/Sarina

LHOKSEUMAWE – Angin kencang dan gelombang tinggi yang melanda perairan Aceh menyebabkan nelayan di Kota Lhokseumawe tidak melaut. Akibatnya, stok ikan di sejumlah pasar tradisional kota tersebut minim dan harga meningkat.

Pantauan AJNN di Pasar Pusong, Kota Lhokseumawe, lapak pedagang yang hari-hari biasanya dipenuhi oleh berbagai jenis ikan, kini terlihat hampa dan sangat minim.

Salah seorang pedagang ikan di pasar tersebut, M Maskur mengatakan, stok ikan mulai berkurang sejak sepekan terakhir. Penyebabnya, nelayan Lhokseumawe tidak beraktifitas melaut karena kondisi angin kencang sehingga menyebabkan gelombang tinggi.

“Sudah sepekan stok ikan berkurang, sehingga harga ikan saat ini terkadang harga merangkak naik hingga sepuluh persen kalau lagi menipis stok seperti ini, tapi kalau sedang melimpah seketika harganya langsung turun,” ungkapnya.

Semenjak menipisnya stok ikan, omzet pedagang pun menjadi menurun, biasanya bisa mendapatkan omzet hingga Rp 1,5 juta per hari, namun saat ini hanya sekitar Rp 500 ribu saja.

“Mudah-mudahan cuaca cepat kembali normal, supaya aktifitas nelayan dan pendapatannya menjadi seperti biasa kembali,” ungkapnya.

Pemberitahuan Mulai Tender/Seleksi Sekda Aceh

Komentar

Loading...