Unduh Aplikasi

Calon Anggota KIP Aceh Utara Diduga Mantan Caleg

Calon Anggota KIP Aceh Utara Diduga Mantan Caleg
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Proses perekrutan dan penjaringan calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, sedang berlangsung di bawah Panitia Seleksi (Pansel). Tahapan yang dilalui sejauh ini sudah melewati tes tulis, dan menyisakan 30 peserta. Namun dari jumlah tersebut, diduga ada peserta yang tidak memenuhi persyaratan, yakni mantan calon legislatif (caleg).

Pasalnya, menurut aturanQanun nomor 6 tahun 2016 dan UU nomor 7 tahun 2017, calon anggota KIP tidak pernah menjadi anggota partai politik, atau minimal dalam kurun minimal 5 tahun saat mendaftar. Sementara salah seorang peserta yang namanya diumumkan lulus tes tulis, disinyalir merupakan caleg pada pemilu lalu. Sehingga peserta ini tidak dibenarkan menjadi anggota KIP seperti disyaratkan oleh aturan yang berlaku.

"Kami menduga dan mendapat informasi kalau ada seorang peserta merupakan caleg pada pemilu lalu. Nama peserta yang lulus tes tulis berinisial Fa. Ini masih dugaan, untuk itulah kami minta panitia seleksi dapat menelusuri rekam jejak peserta dengan benar. Termasuk peserta yang diduga caleg pada pemilu lalu," kata Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Aceh Utara, Adni Fajri kepada AJNN, Sabtu (19/5).

Ia mengaku mendapat informasi dari pihak lain terkait hal ini. Untuk itulah pihaknya meminta tim Pansel untuk menelusuri dugaan ini. Sehingga nantinya calon anggota yang lulus benar-benar terbebas dari pengaruh partai politik. Termasuk hal lainnya, karena calon penyelenggara harus punya integritas, independen serta kepemimpinan dan profesional.

Bukan itu saja, pihaknya juga meminta tim pansel juga menelusuri peserta lainnya, baik berasal dari PNS, aparatur desa, yakni surat izin atasan, serta adanya hubungan keluarga calon anggota KIP.

"Harapan kami, tim Pansel benar-benar menelusuri informasi yang kami terima tersebut, "ujarnya.

Hingga berita ini diunggah, AJNN belum berhasil mengkonfirmasi Ketua Panitia Seleksi, Taufik Abdullah.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...