Unduh Aplikasi

Cabai Merah Langka di Aceh Jaya, Harganya Capai Rp 80 Ribu per Kg

Cabai Merah Langka di Aceh Jaya, Harganya Capai Rp 80 Ribu per Kg
Ilustrasi pedagang cabai di Pasar Pusong Lhokseumawe. Foto: AJNN.Net/Sarina.

ACEH JAYA - Harga sejumlah komoditi di Kota Calang, Aceh Jaya meningkat drastis. Peningkatan harga sejumlah komoditi di Kota Calang sudah terjadi sejak bulan Ramadan menjelang meugang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, bahkan cabai merah sudah beberapa hari langka di kota Calang dan sekitarnya.

Mulia (42), salah satu pedagang kelontong di Gampong Blang, Kota Calang, Aceh Jaya, mengungkapkan kenaikan harga cabai merah ini akibat pasokan minim. Pasalnya, para pedagang di Kota Calang hanya mengandalkan pemasok dari petani lokal, bukan didatangkan dari luar.

"Biasanya barang-barang yang kami jual ini seperti cabai kecil dan cabai merah hanya menunggu petani lokal yang menjual kesini," kata Mulia kepada AJNN, Selasa (11/6).

Sementara untuk harganya, jelas Mulia, masih tergolong tinggi terutama cabai merah, dan itupun masih langka disini.

Sambungnya lagi, untuk harga cabai merah sebelum meugang lebaran antara Rp 35 ribu hingga 45 ribu per kilogram, namun sekarang naik menjadi Rp 75 ribu hingga 80 ribu per kilogram. Sementara harga cabai kecil dulu Rp 30 ribu perkilogram dan sekarang menjadi 50 ribu per kilogram.

"Yang masih kekurangan stok hingga hari ini hanya cabai merah, sementara untuk cabai kecil masih mencukupi kebutuhan pasar," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tidak bisa memastikan harganya kapan akan kembali normal, pasalnya dirinya dan pedagang lain hanya menunggu pemasok dari petani lokal.

Selain cabai, sayur kol juga mengalami peningkatan walapun tidak signifikan dan hanya naik sekitar Rp 1000 hingga Rp 2000 dari harga biasanya, sementara bawang merah, tomat dan sayur mayur lainnya masih diharga yang stabil, Pungkas Mulia.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
DPRA - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...