Unduh Aplikasi

Bupati Didesak Percepat Proses Pendefinitifan Tiga Kampung Persiapan di Tamiang

Bupati Didesak Percepat Proses Pendefinitifan Tiga Kampung Persiapan di Tamiang
Puluhan warga perwakilan tiga kampung persiapan saat beraudiensi dengan Bupati Aceh Tamiang tentang proses pendefinitifan kampung mereka : Foto : ist

ACEH TAMIANG - Warga tiga kampung persiapan di Kabupaten Aceh Tamiang mendesak bupati di daerah itu agar mempercepat proses pendefinitifan kampung mereka.

Adapun tiga kampung persiapan tersebut yakni, Mekar Jaya, Kecamatan Rantau, Alur Mentawak, Kecamatan Kejuruan Mudan dan Sumber Makmur, Kecamatan Tenggulun.

"Sudah 13 tahun kami perjuangkan dan menanti-nanti, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda kampung kami didefinitifkan," kata juru bicara tiga kampung persiapan tersebut, Sugiono kepada AJNN, Selasa malam (10/9).

Dikatakan Sugiono, proses pendefenitifan tiga kampung persiapan tersebut harus dipacu, mengingat Kemendagri hanya menerima batas usulan pemekaran dan pembentukan desa sampai bulan akhir September pada setiap tahunnya.

"Jika sampai akhir September 2019 ini juga belum diusulkan ke Kememdagri, maka perjuangan kami rakyat dari tiga kampung persiapan tersebut akan kembali sia-sia seperti tahun-tahun sebelumnya. Artinya akan bertambah satu tahun lagi penantian untuk bisa diusulkan kembali pada tahun mendatang," kata Sugiono.

Sugiono menyebutkan, puluhan orang dari perwakilan tiga kampung persiapan tersebut termasuk dirinya tadi sudah menjumpai bupati untuk beraudiensi tentang progres pendefinitifan kampung.

Hasil audiensi tadi, kata Sugiono, bupati telah meminta kepada Dinas PMKPP-KB Aceh Tamiang agar segera mempersiapkan segala kelengkapan usulan pendefenifan tiga kampung di maksud.

Selain itu, bupati juga meminta kepada Dinas PMKPP-KB untuk membangun komunimasi dengan Kepala Biro Tata Pemerintahan Aceh agar persoalan tersebut bisa segera selasai.

Dalam pertemuan tadi, kata Sugiono, bupati juga telah berjanji akan berangkat ke Jakarta dalam minggu ini untuk beraudiensi dengan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri RI tentang proses pendefenitifan tiga kampung tersebut.

Sugiono berharap tiga kampung persiapan tersebut dapat didefinitifkan dalam tahun 2019 ini, mengingat surat permohonan penerbitan kode Desa dari Gubenur Aceh yang ditujukan ke Kemendageri RI telah dikeluarkan pada tanggal 22 Februari 2019 lalu.

Komentar

Loading...