Bulog Aceh Barat Kesulitan Turunkan Harga Cabai Merah

·
Bulog Aceh Barat Kesulitan Turunkan Harga Cabai Merah
ilustrasi

ACEH BARAT - Mahalnya harga cabai merah di Aceh Barat dalam satu sebulan terakhir cukup membuat kelimpungan Badan Urusan Logistik Divisi Regional Meulaboh. Saat ini, harga komoditas itu mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

“Kami telah berkoordinasi dengan dengan BPS (Badan Pusat Statistik) menanyakan lahan pertanian cabai, namun tidak ada. Beberapa petani hanya menanam di petak-petak kecil tanah mereka, bukan kebun yang luas,” kata Kepala Bulog Divre Meulaboh, Ade Mulyani, Jumat (11/11).

Langkah ini diambil untuk mencari petani dan wilayah pemasok cabai merah. Dan ternyata, cabai tidak ditanam secara massal. Kesulitan mencari pasokan cabai ini mengakibatkan Bulog belum dapat melakukan operasi pasar cabai merah untuk menekan harga yang terus melambung.

Untuk menekan harga cabai, kata Ade, pihaknya akan berkoordinasi dengan kantor Bulog di Nagan Raya, Aceh Jaya, Simeulue. Bahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Divre Provinsi Aceh serta beberapa Divre yang memiliki lahan pertanian cabai yang luas, seperti Aceh Barat Daya dan Pidie.

Meski harga cabai di Aceh Barat sangat tinggi saat ini namun warga Aceh Barat, kata dia, masih terlihat tenang dan masih mampu membeli barang tersebut sesuai kebutuhan. “Masyarakat memang tidak terlalu mengeluhkan. Mereka hanya menyesuaikan kebutuhan dengan daya beli. Namun kondisi ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut, karena menyulitkan masyarakat,” kata Ade.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Barat Safrizal mengatakan hingga saat ini luas tanam pertanian cabai di Aceh Barat masih minim. Hanya sekitar 15 hektare dan tersebar di Kecamatan Meureubo dan Kaway XVI.

“Saat ini antara pasokan dan permintaan tidak seimbang. Saat ini cabai merah kita didatangkan dari Sumatera Utara,” kata Safrizal.

Melihat kondisi tersebut, kata dia, Dinas Pertanian setempat mengajak masyarakat untuk mau mengembangkan cabai sebagai salah satu tanaman pilihan. Dinas pertanian, kata dia, siap memfasilitasi penyediaan bibit bagi masyarakat yang memiliki keinginan untuk menanam cabai.

Komentar

Loading...