Unduh Aplikasi

BPOM Sudah Limpahkan Lima Kasus Kosmetik Bermerkuri ke Pengadilan

BPOM Sudah Limpahkan Lima Kasus Kosmetik Bermerkuri ke Pengadilan
Petugas BPOM Provinsi menyita ribuan pic kosemetik pemutih tanpa izin edar beberapa waktu lalu. Foto: Safrizal

BANDA ACEH - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh sudah melimpahkan sebanyak 11 kasus ke pengadilan selama tahun 2017, lima diantaranya adalah kasus kosmetik yang mengandung merkuri dan tidak punya izin edar.

"Dari 11 kasus yang kita limpahkan ke pengadilan, ada lima mengenai kosmetik mengandung merkuri dan tidak ada izin edar dari BPOM," kata Kepala BPOM Aceh, Zulkifli kepada wartawan, Senin (12/2).

Baca: Ribuan Kosmetik dan Obat Kuat Mengandung Merkuri Disita BPOM

Zulkifli mengingatkan, setiap barang atau produk obat-obatan dan makanan yang beredar ke masyarakat harus mempunyai izin edar dari BPOM, walaupun hanya jenis produk kecil tetap harus mendapatkan izin terlebih dahulu.

"Setiap barang harus punya izin edar, yang berhak memberi izin itu hanya BPOM, sekecil apapun produknya tetap ada BPOM disana," tagasnya.

Kata Zulkifli, kosmetik yang mengandung merkuri itu didapatkan di toko kosmetik yang ada di beberapa Kabupaten/kota di Aceh seperti Lhokseumawe, Aceh Tamiang serta daerah lainnya.

Zulkifli juga menyebutkan, kebanyakan kosmetik yang didapatkan tersebut adalah jenis Temu Lawak dan Natural 99, dimana mengandung merkuri sehingga sangat berbahaya untuk kulit manusia jika terus menggunakannya.

Baca: Obat dan Jamu Mengandung Bahan Berbahaya Disita

Apalagi, lanjut Zulkifli, Temu Lawak saat ini masih beredar di Aceh, karena itu pihaknya terus melakukan pemeriksaan rutin mengawasi beredarnya kosmetik tersebut, jika didapatkan nantinya akan segera dimusnahkan.

"Temu Lawak masih beredar di Aceh, kita ada pemeriksaan rutin dan jika kita temukan pasti akan kita amankan," ujarnya.

Dirinya menghimbau, kepada masyarakat untuk menggunakan kosmetik yang sudah mempunyai izin BPOM nya, dan terhadap kosmetik yang sudah dilarang agar tidak menggunakan lagi.

"Gunakan produk yang terdaftar di BPOM, sudah terjamin mutunya," imbuh Zulkifli.

Ucapan Ramadhan - Alja Yusnadi

Komentar

Loading...