Unduh Aplikasi

BPN Pidie Buka Program Pendaftaran Tanah Sistematis secara Gratis

BPN Pidie Buka Program Pendaftaran Tanah Sistematis secara Gratis

PIDIE - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pidie kembali membuka program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) secara grtatis bagi masyarakat yang ingin mengurus sertifikat.

“Tahun ini penerima manfaat pensertifikatan tanah di Kabupaten Pidie kami targetkan sebanyak 7.380 bidang,” kata Kepala BPN Pidie Fauzi kepada AJNN, Sabtu(14/4),

Fauzi menjelaskan, pensertifikatan tanah dilaksanakan melalui beberapa kegiatan diantaranya kegiatan pendaftaran tanah melalui PTSL yang sebelumnya dikenal dengan prona sebanyak 5000 bidang.

Kemudian pensertifikatan tanah melalui reforma agraria atau redistribusi sejumlah 1500 bidang, selanjutnya pensertifikatan tanah melalui pensertipikatan tanah masyarakat perikanan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) sejumlah 260 bidang.

Pensertfikatan tanah melalui kegiatan konsolidasi tanah dan tata ruang sebanyak 120 bidang, dan kegiatan pensertifikatan tanah program transmigrasi sejumlah 500 bidang yang langsung menjadi sertipikat.

“Pensetifikatan tanah dilakukan secara gratis mulai dari proses pengukuran hingga penerbitan sertifikat sepenuhnya mendapat subsidi dari pemerintah melalui program PTSL,” katanya.

Manfaat dari PTSL, kata Fauzi, memberikan sertifikat tanah kepada fakir miskin, keluarga yatim dan piatu, aset tanah gampong atau kemesjidan (wakaf ), masyarakat secara keseluruhan rumah dan tanah aset pemerintah (Pemda, TNI, Polri dan BUMN atau BUMD).

“Pensertifikatan tanah adalah suatu produk hukum yang akan memberikan dampak kemaslahatan yang luas bagi masyarakat. Dengan adanya sertifikat dapat menghindari konflik pertanahan dikemudian hari," jelasnya.

Selain itu, sertifikat tanah juga dapat digunakan untuk modal dasar perekonomian masyarakat Pidie. Artinya dapat dijadikan sebagai anggunan bank untuk memperoleh modal usaha dan tentunya akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi mikro kepada daerah pidie.

“Kami berharap masyarakat Pidie benar-benar dapat memanfaatkan program pensertifikatan tanah secara gratis yang telah disubsidikan pemerintah. Karena jika dilakukan pendaftaran secara pribadi atau sendiri-sendiri, akan mengeluarkan beban biaya bagi masyarakat,“ harap Kepala BPN Pidie.

Sementara Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pidie menyambut baik program PTSL yang telah dicanangkan pemerintah pusat melaui pihak BPN untuk mempercepat proses sertifikasi tanah bagi masyarakat.

“Selain memberikan kepastian hukum juga menjadi modal bagi masyarakat Pidie untuk memperoleh modal dari pihak bank sehingga perokonomian masyarakat dapat berkembang,” kata Abusyik.

Ibadah Haji 1439H

Komentar

Loading...