Unduh Aplikasi

BPBA Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana

BPBA Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana
Kepala BPBA, T Ahmad Dadek menyampaikan sambutan saat membuka rapat koordinasi penanggulangan bencana. Foto: Ist

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh melaksanakan rapat Koordinasi dengan BPBD Se-Aceh dalam rangka sinkronisasi program dan kegiatan penanggulangan bencana tahun 2019 di Hotel Kyriad Muraya, Selasa (19/2). Rapat dihadiri oleh 60 orang yang terdiri dari 46 peserta BPBD kab/kota, serta 14 orang dari BPBA, SKPA terkait maupun mitra BPBA.

Rapat koordinasi ini bertujuan meningkatkan koordinasi antar BPBD Kab/kota dan BPBA dalam langkah-langkah tata kelola penanggulangan bencana di Aceh.

Kepala Penanggulangan Bencana Aceh T Ahmad Dadek mengatakan dengan rakor ini diharapkan dapat terlaksanakannya sinkronisasi program dan kegiatan tahun 2019, tersosialisasikannya perkembangan informasi-informasi baru terkait regulasi yang telah dikeluarkan Pemerintah Aceh terkait penanganan penanggulangan bencana di Aceh.

Dadek juga menjelaskan dalam kegiatan itu juga memaparkan kegiatan BPBA tahun 2019 dan bagaimana BPBD bisa mendapatkannya dengan memberikan usulan resmi kegiatan. BPBD dapat mengusulkan bantuan makanan, sandang, papan, bantuan pembangunan darurat, kegiatan pengurangan risiko bencana seperti pelatihan menyusun rencana penanggulangan bencana, menyusun rencana kontijensi, simulasi, sekolah siaga bencana, hotel siaga bencana, dan universitas siaga bencana.

Rapat sinkronisasi program dan kegiatan penanggulangan bencana. Foto: Ist

"Kami juga telah membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) yang bertugas menyusun peraturan gubernur dari tugas dan fungsi pengurangan risiko bencana," ujarnya.

FPRB, kata Dadek, menjadi mitra BPBD dalam mengumpulkan dana bantuan masyarakat. BPBA dengan bantuan FPRB Aceh telah mengumpulkan dana untuk korban bencana di Lombok Rp 1,5 miliar, Palu Rp 3,4 miliar, dan Selat Sunda Rp 300 juta.

"Kami sudah menyusun dan menerbitkan Peraturan Gubernur Aceh tentang Penggalangan dana. Jadi setiap orang/organisasi yang melakukan penggalangan dana harus mendapatkan surat izin dari kepala BPBD," kata Dadek.

Selain itu, kata Dadek, pihaknya dalam rapat itu juga membahas apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan tahun Anggaran 2019, baik di bidang pra bencana, saat maupun pasca bencana.

"Saya berharap dengan rapat koordinasi ini tata kelola penanganan bencana menjadi lebih efektif dan tepat sasaran," ujar Dadek.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...