Unduh Aplikasi

BMKG Imbau Warga di Empat kabupaten Waspada Puting Beliung

BMKG Imbau Warga di Empat kabupaten Waspada Puting Beliung
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Aceh Utara memprediksikan akan berpotensi terjadi hujan sedang disertai petir dan peluang terjadi puting beliung di empat kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh.

“Potensi itu kita perkirakan akan terjadi di wilayah Aceh Utara, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Timur,” kata Kepala Stasion BMKG Malikussaleh Aceh Utara, Nasrul kepada AJNN, Sabtu (30/3).

Sambungnya, hal tersebut terjadi karena ada beberapa pola gangguan Atmosfir yang mempengaruhi cuaca di Aceh pada faktor regional dari pola tekanan udara dapat dijelaskan bahwa terdapat daerah tekanan rendah di wilayah selatan Dan Tekanan tinggi.

Di wilayah teluk benggala yang menyebabkan terdapat lingkaran pola angin tertutup di wilayah nikobar dan Andaman yang menyebabkan belokan angin dari selatan yang seharusnya ke utara namun berbelok ke Barat laut.

Hal ini memicu potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah sepanjang Barat selatan Aceh, Tenggara, Tengah sebagian wilayah Timur, sebagian wilayah Utara untuk tiga hari ke depan.

“Potensi ini di prakirakan berakibat longsor di wilayah perbukitan. Oleh karena itu kami imbau kepada masyarakat juga waspada angin puting beliung,” imbuhnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...