Unduh Aplikasi

BMKG: Bulan Ini Cuaca Cendrung Hujan, Warga Diimbau Waspada

BMKG: Bulan Ini Cuaca Cendrung Hujan, Warga Diimbau Waspada
Hujan. shutterstock

LHOKSEUMAWE – Badan Metereologi, Klimatoloi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh mengimbau kepada masyarakat Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara supaya tetap waspada. Pasalnya, di bulan November 2018 kondisi cuaca akan cenderung berawan dan hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

“Untuk tahun ini, awal musim hujan di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara, terhitung mulai minggu-minggu terakhir bulan September lalu. Jadi, dari pertengahan November nanti diprediksi akan menjadi puncak musim hujan, yang seharusnya terjadi di awal bulan Desember jika dilihat dari data klimatologisnya,” kata Prakirawan BMKG Malikussaleh, Muhammad Nur Syamsyi Alfian kepada AJNN, Senin (12/11).

Tambahnya, menurut prakiraan BMKG, akan adanya aktifitas aliran massa udara basah dari samudera hindia (fenomena Madden Julian Oscilation (MJO)) menuju Indonesia Bagian Barat yang menyebabkan peningkatan kandungan uap air di atmosfer meningkat sehingga kondisi atmosfernya sangat basah.

Hal tersebut menyebabkan pembentukan awan-awan hujan mengalami peningkatan yang signifikan dan juga curah hujan akan mengalami peningkatan yang signifikan pula.

“Jadi di bulan ini kondisi cuacanya sendiri akan cenderung berawan dan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang umumnya terjadi di sore hingga malam hari,” ungkap Syamsyi.

Sambungnya, karena cuaca yang sifatnya cepat berubah setiap saat, maka dari itu kondisi cuaca yang terjadi bisa berubah-ubah, bahkan bisa terjadi hujan dari sore hingga dini hari atau bahkan pagi, hal yang demikian biasanya terjadi karena adanya faktor gangguan cuaca yang terjadi di dekat wilayah Aceh.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tetap waspada dan berhati hati terhadap dampak yang ditimbulkan oleh hujan tersebut yang diprediksikan landa Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Dampak yang ditimbulkan yakni berupa, jalan licin, genangan air, banjir dan tanah longsor,” pungkasnya.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...