Unduh Aplikasi

BKSDA Lhokseumawe Amankan Ular Sanca Batik Sepanjang 4,5 Meter

BKSDA Lhokseumawe Amankan Ular Sanca Batik Sepanjang 4,5 Meter
Ular Sanca Batik. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Aceh wilayah I Lhokseumawe mengamankan seekor ular jenis Sanca Kembang (Python reticulatus) yang selama ini berkeliaran di area PT Perta Arun Gas (PAG) kota setempat.

Karena ditakutkan akan membahayakan masyarakat, ular dengan berat tujuh kilogram dan panjang 4,5 meter tersebut ditangkap dan diserahkan oleh pihak perusahaan setempat ke BKSDA Lhokseumawe.

“Ular ini ditemukan di Jalan Dumai, Komplek Pabrik PT PAG Lhokseumawe. Ular tersebut ditangkap oleh para pekerja di area pabrik itu secara manual tanpa menggunakan alat khusus, yang kemudian diletakkan di dalam karung yang sudah diberi lubang,” kata Kepala BKSDA Wilayah I Lhokseumawe, Dedi Irvansyah kepada AJNN, Jumat (25/1).

Sambungnya, setelah ular tersebut ditangkap, kemudian diserahkan ke BKSDA, dan pihaknya akan mengindetifikasi apakah ular tersebut jenis satwa yang dilindungi atau tidak.

“Sudah satu bulan belakangan ini, sering ditemukan ular di area pabrik PT. PAG. Hal ini tentunya membuat resah pekerja yang dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan mereka. Diperkirakan masih banyak lagi ular di area itu” ujarnya.

Menurut Dedi, hal ini disebabkan kondisi lingkungan atau area sekitar pabrik yang cukup mendukung untuk perkembangan satwa ular ini. Besar harapan pihak perusahaan agar dilakukan penangkapan ular di area tersebut dalam jangka waktu yang tidak lama agar keberadaan ular ini tidak menjadi ancaman serius bagi pekerja PT PAG tersebut.

"Saat ini ular tersebut sudah kita bawa ke Kantor BKSDA Lhokseumawe, untuk kita amankan terlebih dahulu," pungkas Dedi

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...