Unduh Aplikasi

Beragama Yang Menyejukkan

Beragama Yang Menyejukkan
Ilustrasi: Sun Basket

AKSI penyerbuan terhadap pengajian di Masjid Al Fitra, di Ketapang, Aceh Besar, seharusnya tidak boleh terjadi. Aksi ini sangat mencederai rasa keamanan dan kenyamanan di masyarakat. Apalagi, yang diserang adalah masjid; rumah peribadatan.

Penyerbu menganggap pengajian itu tidak sesuai dengan ajaran Islam. Mereka menuding Ustaz Firanda Andirja menyebarkan paham wahabi. Mereka berusaha masuk untuk membubarkan kajian tersebut. Di dalam masjid, acara kajian Islam itu digelar. Bentrok sesama muslim di areal masjid tak terhindarkan.

Ini adalah kekonyolan yang seharusnya tak terjadi. Namun dari waktu ke waktu, kejadian seperti ini terus terulang. Ada oknum masyarakat yang merasa berhak menghakimi orang-orang yang tak sepaham dengan mereka.

Kebanyakan, kasus seperti ini dibiarkan reda dengan sendirinya dan berharap masyarakat melupakan kejadian buruk itu. Cukup panjang kasus kekerasan dengan motif agama yang diredakan tapi tak menuntaskan akar masalah.

Pembiaran tidak pernah memadamkan bara yang sesungguhnya di dalam masyarakat. Meski tak terlihat, bara perpecahan dan penghakiman karena perbedaan pandangan tentang aliran dalam Islam bersembunyi dan bisa disulut, kapan saja, oleh siapa saja, dengan sedikit provokasi.

Karenanya, kepolisian harus mengusut aktor dan siapapun yang terlibat dalam penyerbuan itu. Polisi juga tak perlu terburu-buru melarang pengajian sejenis. Jangan biarkan orang-orang bertindak sesuka hati terhadap orang lain dengan membawa embel-embel agama atau aliran .

Untuk menentukan “halal atau haram” isi pengajian yang disampaikan oleh seseorang harus lewat kajian matang. Lewan pandangan banyak ahli ilmu, alim ulama, agar keputusan yang dikeluarkan tidak menzalimi orang lain dan, yang terpenting, sesuai dengan ajaran Islam.

Semua pihak juga hendaknya tidak menjadikan kericuhan kemarin malam itu sebagai alasan untuk merundung pihak lain, entah sebagai aksi balasan atau aksi solidaritas. Karena agama itu harusnya menyejukkan semua orang; menjadikan pemeluknya berakhlak mulia. Bukan menjadi neraka bagi diri dan orang lain.

Komentar

Loading...