Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

Bekas Kepala BI Serukan Umat Islam Kuasai Pangan

Bekas Kepala BI Serukan Umat Islam Kuasai Pangan
Mahdi Abdullah (kiri) dan Gama Ginta, Kepala Divisi Surveilans Bank Syariah LPS. Foto: istimewa.

BANDA ACEH - Mahdi Muhammad, bekas Kepala Cabang Bank Indonesia di Banda Aceh, menyerukan agar umat Islam berdaulat atas pangan. Menurut dia, selama ini harga kebutuhan pokok mahal dan menghabiskan sebagian besar pendapatan masyarakat.

“Pendapatan masyarakat kita masih rendah. Ini diperburuk dengan harga bahan pokok yang mahal karena diimpor,” kata Mahdi di acara LPS Pulang Kampus “Membangun Ekonomi Indonesia melalui Stabilitas Sistem Perbankan dan Menggali Potensi Ekonomi Berbasis Syariah” di kampus Universitas Syiah Kuala, di Banda Aceh, Senin (11/12).

Mahdi juga menyerukan agar umat mengambil referensi dari Alquran sebagai petunjuk sebelum berencana. Menurut dia, selama ini masyarakat tidak mengambil sumber-sumber yang terjamin kebenarannya sebagai dasar kehidupan. Padahal, kata Mahdi, Alquran diciptakan dengan tanpa keraguan di dalamnya.

Mahdi, banyak potensi perekonomian syariah yang tidak tersentuh bahkan di kalangan kaum muslim sendiri. Karena itu, Mahdi umat Islam untuk merujuk kepada Alquran di setiap aspek kehidupan. “Kalau di buku lain, penulis yang meminta maaf dan kritik kalau ada kesalahan pada bukunya. Di kitab itu (Alquran), tak ada keraguan di dalamnya,” kata Mahdi.

Menurut Mahdi, banyak tumbuhan dan binatang yang berulang kali disebutkan dalam Alquran yang ternyata, setelah dikaji, memiliki nilai ekonomis tinggi dibandingkan binatang atau buah-buahan lain. Kurma, misalnya, disebutkan lebih dari 20 kali dalam Alquran dan ternyata penghasilan dari sebatang pohon kurma dapat membiayai beasiswa.

Mahdi kini mengembangkan kebun kurma di kawasan Blang Bintang, Aceh Besar. Satu batang pohon diperkirakan mampu memproduksi buah sebanyak 200 kilogram per tahun. Tanaman ini juga memiliki masa hidup hingga 100 tahun dan tidak membutuhkan lahan luas untuk mengembangkannya. Dalam satu hektare, pemilik lahan dapat menanami sekitar 120 batang kurma.

Mahdi mulai mengembangkan kurma di kawasan itu sejak 2015. Dia menanami areal seluas 20 hektare dengan 2.000 pohon. Selain kurma, di Lembah Barbatee, Mahdi juga memelihara domba dengan metode gembalaan. Secara bertahap pula, kawasan ini dikembangkan dengan menanam pohon zaitun, anggur, pisang dan lainnya. "Semua dilakukan berdasarkan Petunjuk Alquran dan hadist," tulis Mahdi di laman khususnya.

Khanduri Laot
GANN

Komentar

Loading...