Bea Cukai Banda Aceh Lelang Kendaraan Bekas Operasional

Bea Cukai Banda Aceh Lelang Kendaraan Bekas Operasional
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Banda Aceh akan melelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Negara berupa dua unit kendaraan roda empat. Kedua unit kendaraan merupakan kendaraan bekas operasional Bea dan Cukai Banda Aceh.

Kepala Bea dan Cukai Banda Aceh, Bambang Lusanto Gustomo mengatakan untuk lelang pihaknya bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banda Aceh sebagai perantara. Lelang akan dilaksanakan tanpa kehadiran peserta (melalui e-Auction) di alamat www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id dengan batas waktu penawaran pada Kamis 19 Oktober 2017, pukul 10.00 WIB waktu server.

"Lelang dilaksanakan berdasarkan penetapan jadwal No. S-1001/WKN.01/KNL.01/2017 tanggal 5 Oktober 2017. dengan jenis penawaran lelang melalui internet (closed bidding). Yang dilelang satu Toyota Avanza 2004 dengan nilai limit Rp 6,329 juta dan jaminan penawarannya Rp 1,5 juta dan dua unit Toyota Corona 1995 dengan nilai limit masing-masing Rp 10,305 juta dan jaminan penawaran lelang masing-masing Rp 2,5 juta," kata Bambang, Kamis (12/10).

Dijelaskan, rendahnya nilai lelang disebabkan kondisi kendaraan yang harus diperbaiki sebelum digunakan. "Kondisi kendaraan apa adanya, sehingga ada yang harus diperbaiki. Lelang terbuka untuk umum dan bisa perorangan. Nominal jaminan yang disetorkan ke rekening Virtual Account (VA) harus sama dengan nominal jaminan yang disyaratkan dan harus sudah efektif diterima oleh KPKNL selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan lelang," kata Bambang.

Adapun syarat‎ lelang lanjut Bambang yakni peserta adalah perorangan ataupun badan hukum/usaha yang dibuktikan dengan KTP, NPWP dan Akta Pendirian (bagi badan hukum/usaha). Calon peserta lelang wajib memiliki akun terdaftar dan terverifikasi di website www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

"Prosedur beserta syarat dan ketentuan lelang bisa dilihat pada domain tersebut. Objek lelang dengan ketentuan dalam kondisi apa adanya (as is). Atas kendaraan bermotor Sedan Toyota Corona yang dilelang merupakan barang ex-hibah, masih terutang bea Mmasuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI). Apabila ada tunggakan, tuntutan dan biaya atau kewajiban yang tertunggak (Bea Masuk, PDRI, pajak-pajak lain dan biaya perbaikan barang) atas objek lelang tersebut menjadi resiko dan tanggung jawab pembeli," kata Bambang.

Selanjutnya pemenang harus melunasi harga pembelian dan bea lelang sebesar 2 persen dari harga lelang terbentuk paling lambat lima hari kerja sejak pelaksanaan lelang dengan memperhitungkan uang jaminan yang telah disetor. Apabila tidak melunasi kewajiban pembayaran maka penunjukan pemenang lelang akan dibatalkan dan uang jaminan yang telah disetor akan disetorkan ke kas negara.

"‎Bagi peserta yang berminat dapat melihat barang yang akan dilelang di KPPBC TMP C Banda Aceh di Jalan Soekarno Hatta Nomor 3A, Gampong Geuceu Menara, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, mulai 16 hingga 18 Oktober 2017 Pukul 09.00 hingga 11.00 WIB," ujar Bambang.

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...