Unduh Aplikasi

Baru Tiga Hari Dilantik, Plt Kepala BPKS Kembali Ganti PPK

Baru Tiga Hari Dilantik, Plt Kepala BPKS Kembali Ganti PPK
Razuardi Ibrahim. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Plt Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, Razuardi, melakukan pergantian satuan kerja (satker) pejabat pembuat komitmen (PPK). Pergantian ini tergolong aneh, orang yang diganti adalah orang yang baru saja tiga hari dilantik olehnya.

Sesuai dengan surat Keputusan Pengguna Anggaran Satuan Kerja BPKS yang diterima AJNN, Razuardi baru saja melakukan perganti PPK tertanggal 28 Januari 2019, sebanyak tujuh orang. Selanjutnya, pada tanggal 01 Februari 2019, mantan Sekda Aceh Tamiang ini kembali melakukan pergantian PPK, namun jumlahnya menjadi enam orang.

Surat Keputusan Pengguna Anggaran Satuan Kerja BPKS pergantian PPK pertama tertanggal 28 Januari 2019, bernomor 08/BPKS-PA/2019. Kemudian SK pergantian PPK yang kedua tertanggal 01 Februari 2019.

SK pergantian PPK BPKS tertanggal 28 Januari 2018. Foto: Dok AJNN

Pada SK pertama ada tujuh PKK yang dilantik oleh Lazuardi, yaitu Jufri, Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PP SPM), Mulia Verdinan, PPK Operasional Kantor, Budi Hidaya, PPK Pelatihan, Sosialisasi dan Promosi, Zakiul Amri Rizqinan, PPK Revitalisasi Pelabuhan Balohan, Rizal Rismawan, PPK Pengawasan Teknis, Mufazzil Yusra, PPK Perencanaan, dan Audy Julindar, PPK Pengadaan Barang dan Pembebasan Lahan.

Selanjutnya, pada SK kedua, jumlah PPK yang dilantik menjadi enam orang, yaitu Jufri, Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PP SPM), Budi Hidayat, PPK Operasional Kantor, Mulia Verdinan, PPK Pelatihan, Sosialisasi dan Promosi, M Okto Rizki, PPK Revitalisasi Pelabuhan Balohan, Makkinuddin Asmar, PPK Konsultasi, dan Audy Julindar, PPK Pengadaan Barang dan Pembebasan Lahan.

SK pergantian PPK BPKS tertanggal 1 Februari 2018. Foto: Dok AJNN

Penelusuran AJNN, salah satu nama yang masuk dalam pelantikan PPK yang kedua yaitu M Okto Rizki, merupakan orang yang pernah diberhentikan oleh Kepala BPKS yang lalu Sayid Fadhil, sesuai dengan SK bernomor 40/BPKS-PA/2018, tertanggal 26 September 2018.

Sementara itu, dalam rilis Humas BPKS yang diterima AJNN, alasan pergantian itu mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 190 /PMK .05 pasal 5 dan 11 tahun 2012 tentang tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN.

Dalam PMK Nomor 190/PMK.05 tahun 2012 pasal 11 ayat 1 menyebutkan bahwa KPA berhak menetapkan PPK dan atau PPSPM melalui surat keputusan dan pada ayat 5 PMK Nomor 190 tersebut juga menyatakan bahwa dengan berakhirnya KPA maka akan otomatis berakhirnya masa jabatan sebagai pejabat pembuat komitmen atau PPK.

Dengan kondisi saat ini dengan berakhirnya masa jabatan Sayid Fadhil sebagai Kepala BPKS (pengguna anggaran) maka berakhir pula masa jabatan PPK sebelumnya, sehingga Plt Kepala BPKS harus mengangkat kembali PPK yang baru dengan SK Nomor No. 05/BPKS-PA/2019 menggantikan SK yang lama dan pada tanggal 28 Januari 2019 dengan SK nomor: 08/BPKS-PA/2019.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
DPRA - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...