Unduh Aplikasi

Baru Sebulan Tinggal di Calang, Remaja Asal Nias Masuk Islam

Baru Sebulan Tinggal di Calang, Remaja Asal Nias Masuk Islam
Tgk H. Faisal Abduah selaku Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Jaya sedang memimpin pensyahdatan remaja asal Nias. Foto: Ist

ACEH JAYA - Mei'ardin Zai (18), remaja asal Desa Saiwahili Hiliadulo, Kecamatan Idano Gawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), resmi memeluk Islam di Aceh Jaya. Prosesi pensyahdatan berlangsung di Kantor Baitul Mal Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (11/7).

Mei'ardin melafalkan dua kalimah syahadat yang dipimpin langsung oleh Tgk H. Faisal Abduah selaku Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Jaya yang berlansung di Masjid Agung Jabal Rahmah Calang. Nama Mei'ardin Zai kini berubah menjadi Muhammad Ilham Zai.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Jaya, Abdullah Sufi kepada AJNN menyampaikan bahwa sebelumnya Muhammad Ilham Zai merupakan penganut agama Kristen dan sudah sebulan ini menetap di Desa Gampong Blang, Kecamatan Krueng sabee, Aceh Jaya, sebagai tenaga kerja bidang koperasi desa setempat.

"Saya dapat kabar sekitar jam 10.00 WIB, dari Syukri, tukang perabot di Desa Gampong Blang jika ada warga Nias yang ingin masuk," ujarnya.

Mendapat kabar baik tersebut, kata Abdullah, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak MPU, Baitul Mal, Kemenag Aceh Jaya untuk mengatur jadwal prosesi pensyahdatan tersebut.

Baca: Remaja Asal Nias Masuk Islam di Aceh Jaya

"Karena jika ada yang ingin masuk Islam jangan ditunda-tunda lagi, harus disegerakan, maka dari itu kami putuskan siap Dzhuhur akan dilakukan pensyahdatan di Masid Agung Jabal Rahmah Calang supaya bisa disaksikan juga oleh semua jama'ah salat Dzhuhur," jelas Abdullah.

Selain itu, Abdullah juga berpesan kepada seluruh warga Calang untuk menyambut baik saudara baru yang baru saja mengucapkan dua kalimah syahdat.

"Muhammad Ilham Zai merupakan saudara baru kita, mari kita berikan contoh yang baik kepadanya sesuai dengan ajaran islam," pinta Abdullah.

Ia juga mengungkapkan hingga Juli 2019, baru dua orang termasuk Muhammad Ilham Zai yang memeluk agama Islam di Aceh Jaya.

"Sebelumnya juga warga Nias masuk islam pada Maret 2019 lalu," ungkapnya.

Komentar

Loading...