Unduh Aplikasi

Bank Indonesia Siapkan 2 Triliun Uang Baru untuk Persiapan Lebaran

Bank Indonesia Siapkan 2 Triliun Uang Baru untuk Persiapan Lebaran
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh menyiapkan sebesar 2 triliun uang baru untuk persiapan penukaran menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis mengatakan, kebutuhan uang di Aceh menjelang lebaran jika berpacu dari tahun sebelumnya itu mencapai lebih kurang 2 triliun. Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pengamatan mereka selama ini.

"Penukaran uang dari BI menyediakan sekitar 2 triliunan uang baru yang dibutuhkan untuk lebaran, berapa angka pastinya nanti dilihat dari perkembangan dilapangan," kata Zainal Arifin Lubis kepada wartawan, Sabtu (11/5).

Kata Zainal, pengamatan BI dari waktu ke waktu, pengeluaran uang sebesar dilakukan karena BI menjaga kecukupan uang menjelang selama lebaran, jumlah ini dinilai bisa mencukupi kebutuhan masyarakat.

Peredaran uang itu nantinya tidak hanya berputar di Banda Aceh saja, melainkan juga dititipkan ke sejumlah bank keterwakilan daerah dalam jumlah yang cukup.

Mengingat kantor perwakilan BI di Aceh hanya ada di Kota Banda Aceh dan Kota Lhokseumawe, BI kemudian merancang program kas titipan. Sehingga ketika bank setempat kekurangan kas, maka BI bisa mengirimnya.

"Oleh karena itu, BI meminta beberapa bank untuk ikut dalam program kas titipan, jadi uang dari BI dititipkan ke bank yang ikut program ini," jelasnya.

Zainal menyebutkan, adapun lokasi yang dititipkannya uang baru untuk kebutuhan lebaran itu yakni kepada bank di Meulaboh, Blangpidie dan Kota Subulussalam.

"Secara periodik BI memantau keperluan uang di daerah itu dan sekitarnya. Misalnya Subulussalam bisa mengcover Aceh Singkil," tuturnya.

Zainal menyampaikan, selama ini BI rutin mengirimnya, seperti untuk ke Kota Subulussalam, Meulaboh dan Blangpidie sudah dikirimkan sejak minggu lalu.

Dalam kesempatan ini, Zainal juga menuturkan, untuk wilayah Banda Aceh, BI bakal membuat kas keliling dibeberapa tempat, yakni di pasar Aceh, Ule Kareng, Peunayong dan pasar Setui, disini khusus BI langsung membukanya.

"Kemudian juga ada di Barata, yang dibuka oleh bank lain, yang ikut program kas titipan BI," tutup Zainal.

Komentar

Loading...