Unduh Aplikasi

Banjir di Aceh, Kerugian Ditaksirkan Capai Rp 14 Miliar

Banjir di Aceh, Kerugian Ditaksirkan Capai Rp 14 Miliar
Ilustrasi(Toto Sihono)

ACEH UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) merincikan jumlah total kerugian akibat banjir yang melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh mencapai kurang lebih Rp14 miliar.

“Untuk data sementara yang kita rincikan, total kerugian akibat banjir yang melanda sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh mencapai Rp14 miliar. Yakni, jalan Nasional di Tangse, Pidie sepanjang 150 meter sekitar 10 miliar. Jembatan gantung serta sudah termasuk empat unit rumah penduduk di Aceh Utara, kerugian sekitar Rp4 miliar,” kata Kepala BPBA Teuku Ahmad Dedek kepada AJNN, Senin (19/11).

Sambungnya, untuk kawasan Kabupaten Aceh Utara wilayah banjir sendiri terdapat di enam kecamatan. Yaitu, Kecamatan Sawang, Samudera, Syamtalira Aron, Matang Kuli, Geureudong Pasee dan Kecamatan Meurah Mulia.

“Banjir di Aceh Utara disebabkan akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Aceh Utara dan Bener Meriah, sehingga meluapnya air sungai Krueng Pase dan Krueng Keureuto, dengan ketinggian air rata-rata 20 cm s/d 120 cm. Hal ini mengakibatkan jebolnya tanggul sungai krueng pase di beberapa tempat.

Informasi lain, pada tanggal 16 November 2018 pukul 20.00 WIB telah terjadi juga banjir di Kecamatan Sawang akibat meluapnya air sungai Krueng Sawang,” ungkapnya.

Adapun dampak dari banjir di Aceh Utara, sambungnya menimbulkan genangan air ke pemukiman penduduk, areal pertanian, perkebunan dan peternakan serta Kerusakan 4 tanggul antara yakni di Gampong Mancang, Teupin Ara, Paya Terbang, dan Kitoe, Kecamatan. Samudera dengan panjang berkisar 150 m

Kerusakan tanggul juga terjadi di Gampong Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron dengan panjang berkisar 150 m. Dampak lain yakni, dua unit rumah penduduk terbawa arus di Gampong Mancang Kecamatan Samudera dan dua unit rumah penduduk terbawa arus di Gampong Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron.

“Data sementara, sebagian wilayah sudah surut dan sebagian wilayah masih tergenang banjir,” ungkapnya.

 

Komentar

Loading...