Unduh Aplikasi
WTP Pemerintah Aceh 2019

Banjir di Abdya, Potongan Kayu Bergelimpangan

Banjir di Abdya, Potongan Kayu Bergelimpangan
Petugas sedang melakukan pembersihan tumpukan kayu. Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya), mulai melakukan pembersihan terhadap material kayu dan sampah yang terbawa banjir luapan yang terjadi pada senin (11/3) malam lalu.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin mengatakan pihaknya mulai melakukan pembersihan terhadap material yang terbawa banjir, dimulai dari jembatan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, pada Kamis (14/4) sekitar pukul 09.00 WIB

"Alhamdulillah sekitar jam 11.30 WIB sudah selesai dan turut disaksikan oleh Muspika setempat," kata Amiruddin kepada AJNN, Kamis (14/4).

Dalam melakukan pembersihan material banjir, petugas yang terdiri dari personel BPBK, Tagana, RAPI, dan SAR menggunakan alat bantu seperti chainsaw, parang dan tali untuk menarik tumpukan batang kayu tersebut.

"Ada sebanyak 80 personil yang dikerahkan untuk melakukan pembersihan tumpukan material kayu tersebut," ujarnya.

Petugas sedang melakukan pembersihan tumpukan kayu di bawah jembatan. Foto: Ist

Satu unit rubber boat juga turut dikerahkan untuk melakukan pembersihan terhadap tumpukan batang kayu yang tersangkut di abutment jembatan. Beberapa petugas juga melakukan penyelaman untuk mengikatkan tali ke batang kayu untuk selanjutnya ditarik.

"Memang agak susah, karena batang kayunya berukuran besar. Namun, jika tidak segera dibersihkan, kami khawatir abutment jembatan bisa tergerus dan roboh apabila terjadi banjir yang sama" terangnya.

Selanjutnya kata Amiruddin, sekitar pukul 14.00 WIB pembersihan akan dilanjutkan ke areal persawahan Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh. Terdapat batang kayu berukuran besar yang terbawa luapan banjir ketengah persawahan warga.

"Karena sekarang merupakan musim tanam serentak, maka material tersebut akan segera dibersihkan. Itu akan kita selesaikan sore ini juga," katanya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...