Unduh Aplikasi

Bangunan Utama MTQ Aceh di Pidie Belum Memiliki IMB

Bangunan Utama MTQ Aceh di Pidie Belum Memiliki IMB
Gedung utama MTQ Aceh masih sedang dikerjakan, Selasa (20/8). Foto: AJNN.Net/Salman

PIDIE - Bangunan sarana utama Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke 34 yang terletak di Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie ternyata belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ramli kepada AJNN, Selasa (20/8) mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum menerima permohonan pengajuan dokumen pengurusan IMB untuk bangunan sarana utama MTQ dari dinas terkait.

"Untuk sarana bangunan MTQ tersebut, sampai sekarang kami belum menerima pengajuan dokumen pengurusan IMB," katanya.

Aturan pengurusan IMB, jelas Ramli, diatur dalam qanun Kabupaten Pidie, nomor 8 tahun 2012 tentang penyelengaraan IMB, setiap yang akan mendirikan bangunan wajib memiliki IMB terlebih dulu.

Sementara Praktisi Hukum asal Pidie Muharramsyah SH, mengkritis bangunan sarana utama MTQ yang belum memiliki IMB. Semestinya sebelum mendirikan sebuah bangunan, pemerintah lebih dulu mengurus IMB bahkan termasuk Amdal, atau lainnya supaya tidak menimbulkan persolan dikemudian hari.

Baca: Realisasi Fisik Sarana MTQ Provinsi di Pidie Capai 75 Persen

Jika bangunan MTQ tidak memiliki IMB, berarti pemerintah tidak menjalankan aturan. Dan ini bisa dianggap kebiasaan buruk yang dijalankan pemerintah.

"Pemerintah harusnya mematuhi peraturan, jangan hanya diminta kepada masyarakat saja untuk mematuhinya dalam hal IMB," ujarnya.

Jika Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) menginginkan adanya perubahan dijajaran pemerintah Pidie, ini lah saatnya bagi bupati untuk membersihkan kebiasaan lama yang dijalankan oleh jajarannya.

"Bupati harus segera merubuhkan semua bangunan tanpa IMB melalui tim penertiban bangunan tanpa IMB. Gimana rakyat mau ta'at pemerintah kalau pemerintah sendiri nggak taat aturan," cetus Muharram.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan MTQ Aceh ke 34 di Kabupaten Pidie dijadwalkan pada 20 September 2019.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...