Unduh Aplikasi

Bakhtiar, Tukang Panjat Kelapa Yang Sukses di Usaha Kerajinan

Bakhtiar, Tukang Panjat Kelapa Yang Sukses di Usaha Kerajinan
Foto: ACEH PRESSPHOTO/AZIZ

LHOKSEUMAWE – Sungguh beruntung nasib Bakhtiar, siapa sangka pria berusia 40 tahun yang dulunya hanya bekerja sebagai tukang panjat kelapa, kini menjadi pengusaha sukses dengan menjual berbagai produksi kerajinan tangan.

Pria berstatus lajang tersebut, mulai membuka usahanya bernama “Jamboe Raja” itu sejak tahun 2008 silam. Bakhtiar yang sebelumnya berprofesi sebagai petani, nekat keluar dari kampung halamannya dan merantau ke Kota Banda Aceh untuk mengubah kehidupannya lebih maju.

Bakhtiar, saat diwawancarai AJNN mengaku sebelum membuka usaha dan menjual berbagai kerajinan tangan tersebut. Dirinya ke Banda Aceh berkerja sebagai kuli bangunan, dan mendapatkan penghasilan (gaji) hanya cukup untuk kebutuhannya sehari-hari.

“Namanya kita kerja di bawah perintah orang lain, jadi meskipun gaji pas-pasan harus diterima,” kata Bakhtiar atau kerap disapa Raja itu kepada AJNN, Selasa (5/3).

Sambung Bakhtiar, seiring berjalannya waktu. Dirinya berusaha membuka usaha kerajinan di Kota Banda Aceh dengan modal seadanya, siapa sangka, usaha yang dibuka dengan modal nekat membuahkan hasil luar biasa. Kini, dirinya mampu membuka beberapa cabang di Banda Aceh, Lhokseumawe dan rencana juga di Kota Langsa.

“Jadi usaha saya menjual keranjang parcel, tutup saji, tirai, dan beberapa kerajinan lainnya yang dibuat menggunakan rotan dan bambu, dengan harga sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung besar dan kecil ukurannya. Selain itu saya juga menjual pondok kecil yang memiliki berbagai ukiran dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per unit, dan barang itu dipasok dari warga yang ada di Banda Aceh, Lhokseumawe, Aceh Utara hingga Sumatera Utara, ” ungkapnya.

Bakhtiar mengungkapkan, motivasi awal dirinya membuka usaha tersebut karena ingin merubah penghasilan dan pendapatan ekonominya. Apalagi, sekarang dirinya sudah mampu membuka lowongan kerja atau memperkerjakan mereka yang tidak memiliki pekerjaan.

“Alhamdulillah sekarang kalau per bulan sudah bisa menghasilkan puluhan juta. Dan saya sangat bersyukur dengan usaha yang saya kembangkan ini, bisa memberikan lowongan pekerjaan untuk mereka yang membutuhkan kerja,” jelasnya.

Bakhtiar berharap, dengan usahanya tersebut selain mampu meningkatkan taraf kehidupannya, juga dapat mensejahterakan orang-orang yang bekerja di tempat usahanya itu. Dia juga berpesan kepada seluruh pemuda Aceh supaya terus berusaha untuk mengubah kehidupannya ke yang lebih baik.

HUT AJNN 6th - Pemko Sabang
HUT AJNN 6th - Hendri Yono
HUT AJNN 6th - JSI
HUT AJNN 6th - Disbudpar Banda Aceh
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...