Unduh Aplikasi

Arjuna dan Midok Dikerahkan untuk Menghalau Puluhan Gajah Liar di Aceh Utara

Arjuna dan Midok Dikerahkan untuk Menghalau Puluhan Gajah Liar di Aceh Utara
Dua ekor gajah jantan jinak bernama Arjuna dan Midok di kerahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh ke lokasi mitigasi konflik gajah liar di Dusun Alue Buloh, Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara. Foto: Ist

ACEH UTARA - Dua ekor gajah jantan jinak bernama Arjuna dan Midok di kerahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh ke lokasi mitigasi konflik gajah liar di Dusun Alue Buloh, Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, untuk menghalau puluhan gajah liar yang telah merusak rumah dan perkebunan warga.

Kepala Seksi BKSDA Wilayah I Lhokseumawe, Nurdin mengatakan, misi utama untuk menghalau puluhan gajah liar yang masih bermukim di kawasan Dusun Alue Buloh, Cot Girek adalah dengan mengerahkan dua ekor gajah jinak bernama Arjuna dan Midok.

Selain itu, kata Nurdin, pihaknya juga akan melakukan pencopotan GPS Collar yang dipasang pada salah satu gajah betina liar bernama Rita pada dua tahun lalu.

"BKSDA dibantu Tim Mitigasi Mandiri hari ini akan menggiring kawanan gajah liar keluar dari perkebunan warga," kata Nurdin, Rabu (12/6).

Baca: Kawanan Gajah Obrak-abrik Belasan Rumah Warga Aceh Utara

Namun begitu, sebut Nurdin, pihaknya membutuhkan waktu untuk membuka GPS Collar pada salah gajah betina liar, selanjutnya melakukan penggiringan gajah liar keluar dari perkebunan warga.

"Menurut pantaun titik gajah liar masih di sekitar lokasi yang tidak jauh dari camp CRU, dimana gajah liar tersebut tersebar pada tiga kelompok," jelasnya.

Adapun upaya lain yang dilakukan bersama dengan masyarakat untuk menghalau gajah liat tersebut adalah dengan cara membunyikan petasan (mercon) dan bunyi-bunyian lainnya.

Kepala Dusun Alue Buloh, Desa Cot Girek Abdurrahman menyebutkan harapan masyarakat kepada pihak BKSDA agar upaya yang dilakukan membuah hasil.

"Sehingga masyarakat bisa merasa nyaman dan tenang, selain itu tanaman dan hunian masyarakat di sekitar sini bisa terselamatkan," ujarnya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...