Unduh Aplikasi

Antropolog: Tim Saber Harus Segera Publikasi Tersangka Pungli di Dinas PK Aceh Utara

Antropolog: Tim Saber Harus Segera Publikasi Tersangka Pungli di Dinas PK Aceh Utara
Petugas memperlihatkan barang bukti yang berhasil diamankan dalam OTT di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara

LHOKSEUMAWE - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Aceh hingga kini belum mempublikasi siapa dalang atau tersangka yang terlibat dalam kasus pungutan liar dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara.

“Sebenarnya secara prosedur hukum itu sudah menyalahi, yang dinamai dengan kejahatan apalagi tertangkap tangan itu harus diberitahukan secepat mungkin kepada publik,” kata Dosen Antropolog Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya kepada AJNN, Selasa (25/9).

Baca: Tim Gabungan Saber Pungli OTT di Dinas Pendidikan Aceh Utara

Kemal menambahkan, kalau hingga hari ini, tim Saber Pungli belum menetapkan tersangkanya itu patut untuk dipertanyakan, sebenarnya tindakan apa yang dilakukan oleh tim tersebut, apakah ini merupakan tugas gelap atau sudah terjadi kong kali kong antara kedua belah pihak.

“Ini yang membedakan pola kerja yang dilakukan KPK, kalau KPK sendiri tidak bisa disogok dengan suap atau kong kali kong, sehingga semua OTT yang dilakukan KPK itu kredible, jadi betul-betul upaya proses memberantas kejahatan,” ujar Kemal.

Sambungnya, oleh karena itu, dalam hal ini Tim Saber Pungli harus segera mempublikasi hasilnya kepada publik, karena kasus tersebut sudah heboh ditelinga publik, maka karena itu publik akan bertanya-tanya, jika kasus ini sudah jelas tersangkanya maka tidak akan jadi permasalahan lagi.

“Yang kita desak saat ini Tim Saber harus segera mempublikasi siapa tersangkanya. Seharusnya kalau OTT atau pungutan liar satu kali 42 jam harus sudah ada penetapan tersangkanya,” ungkap Kemal.

Kemal juga berharap, Tim Saber Pungli harus segera menetapkan tersangka, sehingga publik tidak lagi menyangka-nyangka jangan-jangan sudah terjadi politik perdamaian di atas meja, hal itu akan memperburuk citra Tim Saber itu sendiri.

Sementara itu, Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Aceh Kombes Pol Drs Erwin Faisal saat dihubungi AJNN belum menjawab telepon selulernya, dan pesan singkat yang dikirim juga tak kunjung dibalas.

Komentar

Loading...