Hasanudin
Unduh Aplikasi

Anggota DPRK Banda Aceh Monitoring Pelayanan Kesehatan Puskesmas

Anggota DPRK Banda Aceh Monitoring Pelayanan Kesehatan Puskesmas
Anggota Komisi D, Isnaini Husda monitoring puskesmas Ule Kareng

BANDA ACEH - Komis D, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan khususnya di puskesmas Ule Kareng Banda Aceh, Kamis (9/8).

Anggota komisi D, Isnaini Husda menyebutkan monitoring ini dilakukan guna memastikan pelayanan kesehatan di Puskesmas dapat berlangsung dengan baik dan terus ditingkatkan.

Ia juga menambahkan program layanan kesehatan merupakan salah satu program unggulan yang dilaksanakan pemerintah daerah. Maka pelayananya perlu dilaksanakan dengan maksimal.

"Pelayanan perlu dilaksanakan dengan maksimal, khususnya program pelayanan kesehatan bagi warga miskin disekitarnya. Monitoring ini sekaligus melihat apakah pelayanan kesehatan yang dicanangkan benar-benar dilakukan sesuai dengan target," katanya.

Saat melakuakan monitoring ditemukan plapon yang rusak di beberapa ruangan, seperti di ruang pelayanan, ruang imunisasi serta tersumbatnya pipa di salah satu toilet yang harus segera di perbaiki oleh pihak Dinas Kesehatan.

Sementara Kepala Puskesmas Ule Kareng, Nurmiati menyebutkan beberapa plapon yang rusak di sejumlah ruangan disebabkan angin kencang dan permaslahan tersebut telah disampaikan kepada pihak Dinas agar segera diperbaiki.

Selain itu, kata Nurmiati untuk jumlah petugas medis di puskesmas saat ini sudah memadai hanya saja petugas medis belum memiliki kompetensi sehingga keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Banyak petugas medis di puskesmas belum bisa menguasai teknologi canggih, misalnya tidak mengerti di bidang Teknologi Informasi (TI) sehingga semua pekerjaan harus dikerjakan secara manual," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pemerintah bisa memfasilitasi dalam peningkatkan kompetensi petugas di puskesmas, sehingga pelayanan kesehatan bisa maksimal.

Adi Maros

Komentar

Loading...