Unduh Aplikasi

Anggaran Penanggulangan Bencana Aceh Barat Hanya Rp 300 Juta

Anggaran Penanggulangan Bencana Aceh Barat Hanya Rp 300 Juta
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Mukhtaruddin, menyebutkan anggaran penanggulangan bencana untuk Kabupaten setempat masih minim jika dibandingkan dengan kondisi daerah itu yang selama ini masuk kategori rawan bencana.

Menurut Mukhtaruddin, dilihat dari kondisi Aceh Barat, seharusnya anggaran penanggulangan bencana yang dialokasikan harusnya paling kurang Rp 2 miliar, namun selama ini hanya tersedia Rp 300 juta.

"Anggaran penanggulangan bencana kita sebenarnya masih kurang hanya ada Rp 300 juta, dan itu sebenarnya tidak mencukupi dengan kondisi daerah kita rawan berbagai jenis bencana," kata Mukhtaruddin.

Dikatakannya, bencana yang sering terjadi di Aceh Barat setiap tahunnya seperti banjir, kebakaran hutan D
dan lahan (Karhutla), longsor, pasang purnama, bahkan juga rawan gempa dan tsunami, hingga ancaman likuifaksi.

Atas kondisi tersebut, Mukhtaruddin, berharap kedepan adanya alokasi anggaran lebih besar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), sehingga penanggulangan bencana di daerah itu maksimal.

Ia menambahkan, meski instansi yang fokus dalam penanggulangan bencana tersebut cukup namun jika peralatan kurang, maka pihaknya tetap akan terkendala dilapangan.

"Karhutla misalnya, meski anggota kita dilapangan cukup belum lagi terkadang dibantu TNI/Polri dilapangan namun karena anggaran kurang sehingga kebutuhan peralatan tidak mencukupi," ujarnya.

Menurutnya, kekurangan peralatan tersebut serta kekurangan anggaran BPBD Aceh Barat, sering meminta bantuan dari BPBA untuk penangangan bencana didaerah itu.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...