Unduh Aplikasi

Ali Yakob Janji Perjuangkan Aspirasi Nelayan

Ali Yakob Janji Perjuangkan Aspirasi Nelayan
Ali Yakob sedang berdialog dengan nelayan Lhok Rigaih Aceh Jaya. Foto: Ist

ACEH JAYA - Ali Yakob dihadapan para nelayan Se-Kecamatan Sampoinet, Aceh Jaya, berjanji siap memperjuangkan aspirasi masyarakat nelayan. Pertemuan tersebut dilakukan langsung di TPI Rigah di sela-sela program " Southwest Visit" yang sedang dilakukan bersama pengurus Sahabat Tani dan Nelayan Aceh, Selasa (7/11).

Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Jaya, nelayan di Aceh Jaya berjumlah sebanyak 2566 Orang, dari sekian banyak masih terdapat nelayan yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Salah satu indikator yang sering digunakan pemerintah untuk mengukur produktivitas nelayan adalah dengan melandasinya pada armada tangkap.  Perbaikan taraf hidup nelayan menjadi program utama Sahabat Tani dan Nelayan Aceh (STNA) kedepan.

STNA tidak hanya memperjuangkan program jangka pendek seperti bantuan kapal atau alat tangkap tetapi kita juga akan gagas program jangka panjang seperti pemberian beasiswa khusus kepada anak-anak nelayan.

"Pendidikan bagi anak nelayan sangat penting, karena dengan pendidikan akan merubah paradigma mereka untuk membangun masyarakat nelayan yang modren dan berdaya saing," kata Ali Yakob. 

Disamping itu ia juga berjanji juga akan memperjuangkan program bagi rumah tangga nelayan dengan fokus sasaran ibu-ibu.

"Saya akan mengalang kembali program pemanfaatan pekarangan rumah untuk pertanian khusus masyarakat nelayan. Kita juga akan perkuat sektor home industri bagi ibu nelayan seperti program menjahit serta produk olahan perikanan.

"Program tersebut sudah teruji manfaatnya secara ekonomi jika dikelola dengan baik dan ini terus menjadi program unggulan," ungkapnya.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan nelayan yang berasal dari Rigaih, Jabie dan Gunong Teungoh.

Dalam pertemuan tersebut nelayan berharap adanya perubahan terhadap kondisi sosial, ekonomi dan politik di Aceh Jaya terutama bagi masyarakat nelayan.

"Dengan slogan Sahabat Petani dan Nelayan yang diusung Ali Yakob kami sangat berharap adanya perubahan dan program pro nelayan seperti program-program yang pernah dikucurkan lima tahun yang lalu saat beliau masih menjabat sebagai Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat " ujar Panglima Laot Lhok Rigah, Azhar.

Untuk mewujudkan nelayan Aceh yang unggul dan profesional, semua elemen harus bahu membahu dan bersinergi dalam menanggulangi berbagai hambatan baik secara struktural, kultural maupun secara alamiah.

"Diharapkan kedepan bahwa anak-anak nelayan atau masyarakat lain dari generasi berikutnya dapat meneruskan usaha orang tua mereka sebagai nelayan dengan teknik penangkapan yang lebih baik, teknologi yang lebih canggih, pengolahan produk yang lebih inovatif, serta pemasaran yang berdaya saing. Sahabat tani dan nelayan siap memperjuangkan perubahan bagi nelayan," kata Ali Yakob.

Komentar

Loading...