Unduh Aplikasi

Alasan Jaksa Tak Menahan Dokter Penabrak Santri Dayah Nuha Lamno

Alasan Jaksa Tak Menahan Dokter Penabrak Santri Dayah Nuha Lamno
Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Calang Aceh Jaya, Endy Ronaldi, SH

ACEH JAYA - Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Calang Aceh Jaya, Endy Ronaldi, SH menjalaskan duduk perkara terkait tidak ditahannya tersangka penabrak santri Dayah Nuha Lamno hingga meninggal ditempat.

Sebenarnya bukan tidak ditahan, namun tahanan itu sendiri ada beberapa jenisnya, selain tahanan rutan, dan tahanan rumah, juga ada jenis tahanan kota sesuai syarat dan pertimbangan pimpinan Kejaksaan," jelas Endy Ronaldi kepada AJNN, Kamis (15/11).

Baca: Tidak Ditahan, Dokter Penabrak Santri Mulai Disidangkan

Untuk ditetapkan sebagai tahanan kota juga ada beberapa pertimbangan seperti karena mempertimbangkan sebagai kepala keluarga maupun ada kegiatan lain yang dipandang bisa dilakukan penahanan kota.

"Jadi sebenarnya ada dua kasus laka lantas yang menyebabkan korban meninggal dunia, keduanya sudah disidangkan dakwaan kemarin hari Rabu dan keduanya juga ditetapkan sebagai tahanan kota," terang Endy.

Kedua tersangka tersebut ditetapkan sebagai tahanan kota atas laporan dari pemohon untuk ditetapkan sebagai tahanan kota dan atas pertimbangan sebagai kepala keluarga serta pertimbangan sebagai pekerja, satu sebagai dokter di Nagan Raya dan satu lagi pegawai negeri sipil di Aceh Jaya.

Namun Endy memastikan bahwa untuk kedua perkara ini akan bertekat melakukan penahanan di rutan jika telah di putuskan dipersidangan nanti.

"Disini saya yakinkan juga untuk perkara dua ini mungkin pimpinan saya atau bapak Kajari akan bertekad melakukan penahanan rutan bila mana sudah dilakukan tuntutan. Memang dari sudut pandang masyarakat ada permainan di Kejari ini, tapi kami tegaskan bahwa dalam perkara ini tidak ada permainan, dan kami tetap bekerja sesuai dengan koridor yang ada" tutup Endy, 

HUT AJNN 6th - Pemko Sabang
HUT AJNN 6th - Hendri Yono
HUT AJNN 6th - JSI
HUT AJNN 6th - Disbudpar Banda Aceh
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...