Unduh Aplikasi

Al Chaidar: Lemahnya Administrasi Hukum Penyebab Napi Kabur dari Lapas Aceh

Al Chaidar: Lemahnya Administrasi Hukum Penyebab Napi Kabur dari Lapas Aceh
Pengamat Terorisme Al-Chaidar. Foto: Harian Pijar

LHOKSEUMAWE – Pengamat Teroris, Al Chaidar menyebutkan penyebab kerusuhan hingga kaburnya narapidana di sejumlah Rumah Tahanan (Rutan) di Provinsi Aceh disebabkan karena lemahnya administrasi hukum di negara ini.

“Penjara dibangun dengan desain dan mutu bangunan yang seadanya dengan luas lahan yang terlalu sempit sementara secara sosiologis perilaku kejahatan semakin hari semakin bertambah,” kata Al-Chaidar kepada AJNN, Senin (17/6).

Baca: Rutan Lhoksukon Rusuh, Puluhan Napi Kabur

Sambungnya lagi, harusnya desain bangunannya tersebut harus yang luas dan lokasinya terpencil seperti sebuah pulau atau di tempat yang sangat jauh di dekat gunung serta jauh dari pemukiman.

Baca: Mengamuk, Napi Bakar Rutan Sigli

“Jika pemerintah tidak mampu membangun infrastruktur hukum yang kuat dan terpercaya maka sebaiknya sistem hukumnya harus diganti. Jangan menggunakan penghukuman tahanan badan tapi langsung kepada hukuman qisas ataupun hukuman denda ataupun hukuman potong tangan dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca: Empat Napi Rutan Sigli Berhasil Kabur

Al-Chaidar juga berharap kepada pemerintah agar membangun infrastruktur hukum yang lebih serius seperti penjara pengadilan dan lain-lain sebagainya. Menurtnya hal itu harus diprioritaskan lebih dulu karena negara ini adalah negara hukum.

Komentar

Loading...