Unduh Aplikasi

Akses Lintas Gunung Salak Menuju Bener Meriah Masih Buka Tutup

Akses Lintas Gunung Salak Menuju Bener Meriah Masih Buka Tutup
Petugas Polisi Kasubsektor Nisam Antara, saat melakukan pengaturan arus lalin dan pengamanan di lokasi jalan longsor

ACEH UTARA - Akses lintas kendaraan menuju gunung Salak yang menghubungkan Aceh Utara dengan Bener Meriah, untuk sementara waktu ditutup karena ruas jalan di jalur Km 39 kawasan Gampong Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara itu longsor dan terancam putus, Selasa (25/9).

Selain itu, jalur lintas menuju Kabupaten Aceh Tengah tersebut sedang dilakukan pemasangan jembatan rangka baja (ballay) sepanjang 30 meter di jalur tersebut. Sejumlah kendaraan roda empat di lintasan tersebut yang awalnya menunggu antrian terpaksa berbalik arah.

“Kami tadi rencananya mau menuju ke Takengon, namun terpaksa kembali lagi ke arah Lhokseumawe, karena ruas jalan di jalur Km 39 terjadi longsor dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat,” kata Amiruddin, kepada AJNN, Selasa (25/9), salah seorang pengendara roda empat yang terjebak macet dikawasan itu.

Menurut Amir, dari keterangan pekerja yang sedang membuat jembatan rangka baja tersebut menyebutkan bila perbaikan itu akan memakan waktu yang lama. Karena ini baru dilakukan pemasangan dan penggeseran jembatan.

“Bila bapak bersama keluarga buru-buru dan ada hal yang mendesak saya sarankan bapak balik saja dan mengambil dari jalur Bireun, karena ini prosesnya akan memakan waktu lama,” ujar Amir menirukan ucapan pekerja tersebut.

Amir berharap kepada pihak terkait, bila ada pekerjaan atau lintas yang longsor di kawasan itu harusnya ada himbauan atau rambu-rambu sebelum titik longsor di kawasan tersebut. Agar pengendara tahu dan tidak terjebak dalam kemacetan seperti ini.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Lhokseumawe Kompol Ahzan mengatakan, hingga saat ini jalan dilintasan gunung Salak Km 39, Dusun Jabal Antara, Nisam Antara, Aceh Utara, Rabu (26/9) masih diperlakukan buka tutup satu jalur.

"Kemarin sekira pukul 11.00 WIB, Kasub Sektor Nisam Antara, melaksanakan pengaturan dan pengamanan jalan yang longsor di Km 39, Nisam Antara," kata Kompol Ahzan kepada AJNN, Rabu (26/9).

Ahzan menyebutkan, kegiatan pengamanan jalan tersebut karena adanya pemasangan jembatan rangka baja diatas jalan longsor. Sehingga sempat terjadi antrian bagi kendaraan roda empat selama dua jam lebih.

"Tapi sekitar pukul 14.00 WIB, jalan gunung Salak menuju Bener Meriah dan sebaliknya kembali lancar, meskipun hingga saat ini masih diberlakukan jalur buka tutup satu arah," pungkasnya

GANN

Komentar

Loading...